Bengkulu,  (Antara) - Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Sofian Ramadhan menyebutkan bahwa seba nyak lima kuntum bunga Rafflesia Arnoldii akan mekar di hutan Kabupaten Seluma, Bengkulu.

"Saat ini ada dua bunga yang mekar sempurna dan lima kuntum calon bunga yang siap mekar," katanya di Bengkulu.

Ia mengatakan informasi tentang penemuan bunga mekar itu disampaikan warga Desa Padangcapo, Kecamatan Lubuksandi, Kabupaten Seluma, kepada Kelompok Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu.

Petani pemilik kebun kopi, Doni yang menemukan kawasan yang dipenuhi bunga yang sudah membusuk, dua mekar dan sejumlah bonggol atau calon bunga rafflesia di satu lokasi.

Saat dihubungi dari Bengkulu, Doni warga yang menemukan lokasi habitat bunga langka itu membenarkan bahwa ada dua bunga tengah mekar sempurna di kawasan hutan itu.

"Dekat kebun kopi kami, ada dua bunga mekar sempurna dan banyak bonggol, ada lima yang siap mekar," katanya.

Untuk menjangkau lokasi tersebut dapat menggunakan kendaraan roda dua selama tiga jam dari Kota Bengkulu, lalu dilanjutkan berjalan kaki ke dalam hutan selama satu jam.

Sebelumnya bunga rafflesia jenis bengkuluensis juga ditemukan sekelompok pemuda di Kabupaten Kaur mekar di dalam kawasan hutan.

Menurut Sofian Ramadhan, bunga Rafflesia jenis Arnoldii memang mendominasi ditemukan mekar di hutan-hutan Bengkulu.

"Paling banyak jenis Arnoldii, seperti yang sering kami temukan mekar di Hutan Lindung Bukit Daun, Kabupaten Kepahiang," katanya.

 Komunitas ini mencatat, selain di Kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Tengah, daerah lain yang menjadi habitat rafflesia adalah Kabupaten Mukomuko, Lebong, Kaur, Seluma dan Bengkulu Utara. (Antara)

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014