Bengkulu (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu mengungkapkan pendistribusian logistik pemilu di daerah itu akan dilaksanakan sehari sebelum hari pencoblosan, yakni pada 8 April 2014.

"Semua logistik sudah lengkap, tinggal kita kirimkan. Karena lokasi TPS mudah diakses, dan tidak ada lokasi yang membutuhkan waktu lama untuk pendistribusian, jadi kita putuskan besok logistik dikirimkan," kata Komisioner KPU Kota Bengkulu divisi Logistik, Perencanaan dan Data, Zaini di Kota Bengkulu, Senin.

Dia mengatakan, distribusi dibagi per kecamatan, dengan melibatkan belasan truk pengangkut logistik, yakni untuk membawa surat suara, kotak, bilik serta logistik lainnya.

"Untuk mengurangi risiko surat suara rusak baik terkena air maupun karena hal lain, kita memasang terpal untuk menutupi logistik. Ada sembilan kecamatan di Kota Bengkulu dan untuk ke setiap kecamatan akan diangkut dengan menggunakan dua truk," kata dia.

Setelah logistik Pemilu 2014 sampai di kecamatan, Panitia Pemilih Kecamatan akan mendistribusikan logistik hingga ke tempat pemungutan suara.

"Di Kota Bengkulu terdapat 677 TPS, yang tersebar di 67 kelurahan," kata Zaini.

Sementara itu, Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kota Bengkulu, Wahyu Handono mengatakan, pihaknya akan mengawasi secara ketat pendistribusian logistik di daerah itu.

"Terutama untuk surat suara jangan sampai dikirimkan ke daerah pemilihan (dapil) yang salah, dan juga mengawasi jumlah logistik yang dikirimkan harus sesuai dengan jumlah kebutuhan yang ditetapkan," kata dia.

Menurutnya, kelebihan surat suara yang dikirimkan ke TPS bisa membuka kesempatan bagi oknum untuk melakukan kecurangan, sehingga berpotensi penyelenggaraan Pemilu 2014 ricuh. (Antara)

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014