Seorang pesenam Rusia yang mengenakan simbol yang berkaitan dengan invasi negaranya di Ukraina saat podium medali dilarang tampil selama satu tahun, kata sebuah panel disiplin senam seperti dikutip AFP, Rabu.

Singlet Ivan Kuliak memiliki huruf 'Z' yang terlihat jelas saat atlet ini berdiri di sebelah atlet Ukraina Kovtun Illia yang peraih medali emas Piala Dunia senam di Doha pada Maret.

Simbol 'Z' dipatrikan kepada tank dan kendaraan militer Rusia lainnya di Ukraina dan kemudian menjadi perlambang dukungan untuk invasi Rusia itu.

Komisi disiplin Gymnastics Ethics Foundation (GEF) menyimpulkan Kuliak melanggar aturan Federasi Senam Internasional (FIG) yang menjadi badan pengelola senam dunia.

"Tuan Kuliak tidak dibolehkan berpartisipasi dalam semua acara kompetisi yang dikenai sanksi FIG atau kompetisi yang diselenggarakan oleh anggota federasi anggota FIG selama satu tahun sejak tanggal keputusan ini dibuat," kata GEF.

Kuliak juga harus mengembalikan medali perunggu dan hadiah uang sebesar 500 franc Swiss. Dia memiliki waktu 21 hari untuk mengajukan banding atas sanksi ini.

Sudah diputuskan bahwa semua pesenam Rusia dan Belarus dilarang tampil dalam kompetisi-kompetisi senam.

"Jika langkah perlindungan yang melarang atlet Rusia berkompetisi masih berlaku pada 17 Mei 2023, maka larangan itu akan berlanjut dan berakhir enam bulan setelah langkah itu dicabut," kata GEF.
 

Pewarta: Jafar M Sidik

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022