Bengkulu (Antara) - Hasil hitung cepat pemilu legislatif untuk DPR RI yang dilakukan relawan Radio Republik Indonesia (RRI) menunjukkan lima partai politik yang mengusai suara di Provinsi Bengkulu.

"Hasil hitung cepat kami, ada lima partai politik yang mendominasi perolehan suara di Bengkulu," ungkap Koordinator Lapangan hitung cepat hasil pemilu legislatif RRI Bengkulu, Lorni Sinaga di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan lima partai politik yang mendapat suara terbanyak di Provinsi Bengkulu dipimpin PDIP dengan 15,76 persen.

Empat partai berikutnya yakni Partai Keadilan Sosial (PKS) sebesar 11,67 persen, Partai Gerindra 11,61 persen, Partai Golkar 10,60 persen dan Partai Nasdem 9,97 persen.

Ia mengatakan ada 16 relawan hitung cepat yang mengamati 16 TPS di kabupaten dan kota.

Dari hasil hitung cepat tersebut juga tergambar partisipasi pemilih di Provinsi Bengkulu cukup tinggi, bahkan mencapai 85 persen.

Dia mengatakan hitung cepat RRI menggunakan metode "multistage random sampling" (MRS). Metode tersebut merupakan paduan dari penarikan sampel stratifikasi dan penarikan sampel klaster.

"Dengan metode ini diharapkan dapat menghasilkan sampel yang representatif," ucapnya.

Secara nasional RRI menggelar hitung cepat dengan mengamati perolehan suara DPR-RI di 2.000 TPS.

Sementara hasil hitung cepat Litbang Kompas menyebut tiga partai politik yang menguasai suara untuk DPR-RI di Provinsi Bengkulu yakni Partai Nasional Demokrat, Partai Gerindra, dan PDI Perjuangan.

"Tiga partai menguasai suara di Bengkulu yaitu Nasdem, Gerindra dan PDIP," kata Koordinator Litbang Kompas daerah Bengkulu Beny Ardiansyah.

Ia mengatakan, ada 15 tempat pemungutan suara di tujuh kabupaten yang menjadi sasaran hitung cepat.

Tujuh kabupaten yang dipantau yakni Kabupaten Rejanglebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Seluma, Kabupaten Kepahiang, dan Kota Bengkulu.

"Hasilnya cukup mengejutkan karena berdasarkan survei satu lembaga bahwa Partai Golkar yang menguasai suara di Bengkulu, ternyata berbalik," katanya.

Dari hasil hitung cepat, diperoleh lima besar partai dengan perolehan suara terbanyak yakni Nasdem, Gerindra, PDIP, PKS dan Partai Demokrat.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014