Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan mengadakan pekan budaya daerah dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup yang merupakan ibu kota daerah itu ke 142.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong yang juga Sekretaris Panitia Penyelenggara HUT Kota Curup tahun 2022 Rezza Pakhlevie di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan peringatan HUT daerah itu berlangsung selama 12 hari terhitung 18-30 Mei mendatang yang dipusatkan di Lapangan Dwi Tunggal Curup.

"Pada peringatan HUT Kota Curup tahun ini panitia penyelenggara akan melaksanakan pekan budaya daerah baik lokal maupun nasional, kemudian pawai adat, pelaksanaan pameran dan bazar UMKM serta kegiatan lainnya," kata Rezza.

Dia menjelaskan pekan budaya daerah serta kegiatan lainnya dalam peringatan HUT Kota Curup ini sudah dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air dan belahan dunia lainnya.

"Untuk pelaksanaan pawai adat ini akan kita batasi setiap OPD nya maksimal 50 orang, walaupun kasus penyebaran COVID-19 di Rejang Lebong saat ini sudah nol kasus namun tetap kita lakukan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan," terangnya.

Adapun berbagai kegiatan lomba dalam pekan budaya daerah ini, kata dia, sebelum dilaksanakan mulai 20 Mei 2022 akan dilaksanakan terlebih prosesi adat Suku Rejang berupa Kedurei Agung atau doa pada malam sebelum pawai dan pagi harinya dilanjutkan pawai adat.

Kemudian pada 21 Mei akan dilaksanakan pembukaan kegiatan HUT Kota Curup, dilanjutkan dengan prosesi Kedurei Agung atau pesta besar. Seterusnya pelaksanaan aneka lomba seni budaya daerah lokal seperti lomba tari kejei, lomba gitar tunggal, lomba bekulo (pendekatan antar keluarga sebelum acara pernikahan), bujang semulen (bujang dan gadis).

Seterusnya ialah lomba menulis dan membaca huruf asli masyarakat Rejang yakni aksara Ka Ga Nga, lomba busana Pei Ka Ga Nga yang merupakan busana daerah Rejang, lomba lagu daerah Rejang dan lembak serta perlombaan maupun pementasan seni budaya nasional lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022