Bengkulu (Antara) - Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu mendistribusikan soal ujian nasional tingkat SMA sederajat untuk sembilan kabupaten dan kota di daerah itu, Sabtu.

"Hari ini seluruh soal ujian nasional didistribusi ke sembilan kabupaten dan kota, sedangkan untuk Kabupaten Mukomuko sudah didistribusi lebih awal," kata Ketua Penyelenggara Ujian Nasional Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Wahyu Darma Priatna di Bengkulu.

Ia mengatakan soal yang didistribusi dari gudang Dinas Pendidikan akan dikirim ke Polres kota dan kabupaten dan selanjutnya didistribusikan ke titik-titik yang sudah ditentukan.

Ada sebanyak 549 kotak soal UN yang didistribusi untuk 10 kabupaten dan kota yakni Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Lebong, Rejanglebong, Kepahiang, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur dan Kota Bengkulu.

Pengiriman soal UN untuk Kabupaten Mukomuko sudah digelar Jumat (11/4) sebab jarak tempuh menuju wilayah itu cukup jauh yakni 270 kilometer dari Kota Bengkulu.

Soal UN untuk pelajar di Mukomuko akan dikirim pada Jumat (11/4) sore sekira pukul 16.00 WIB menggunakan kendaraan roda empat.

Selain untuk Mukomuko, Disdik juga mendahulukan distribusi soal UN untuk pelajar di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

Soal UN untuk 19 pelajar di pulau berjarak 106 mil dari Kota Bengkulu itu dikirim pada 1 April 2014.

"Karena pengiriman soal ke Enggano bergantung pada jadwal keberangkatan kapal laut," katanya.

Ia mengatakan untuk menjamin keamanan soal UN tersebut, dokumen disimpan di Kantor Polsek Pulau Enggano.

Sementara itu, Wakil Direktur Intelijen Keamanan Polda Bengkulu AKBP Yudi Hermawan mengatakan ada 13 personel kepolisian mengawal pendistribusian soal UN ke kabupaten dan kota.

Pengawalan distribusi soal UN dimulai Jumat (11/4) sore pukul 16.00 WIB ke wilayah Kabupaten Mukomuko, berbatasan dengan Provinsi Sumatra Barat. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014