Painan, Sumbar (Antara) - Pengunjung Objek Wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) membludak sejak tiga hari terakhir.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Pesisir Selatan Gunawan di Painan, Minggu, mengatakan, ramainya kunjungan wisata ke daerah itu merupakan hasil kerja keras pemkab setempat melalui dinas terkait dan kerjasama yang baik antar semua unsur di daerah itu.

Dalam upaya meningkatkan kunjungan, pemkab terus menggencarkan promosi melalui berbagai media massa, melengkapi sarana dan prasarana pendukung pariwisata sekitar kawasan dan meningkatkan pelayanan terhadap para wisatawan.

Untuk pelayanan, khusus Pantai Carocok Painan, pemkab menempatkan sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja Satpol PP) dan Dinas Perhubungan dan Informasi sesuai dengan kondisi atau banyak kunjungan saat itu di sekitar lokasi

Sesuai tugas dan fungsinya, masing masingnya seperti Satpol PP bertugas melakukan pengamanan sekitar kawasan. Dinas Perhubungan memberikan pelayanan dalam bentuk pengaturan keluar dan masuk kendaraan bermotor bagi pengunjung di sekitar kawasan Pantai Carocok sehingga pengunjung merasa nyaman dan aman.

Tidak saja itu, bentuk pelayanan lainnya bagi pengunjung, pemkab juga memasang rambu-rambu atau petunjuk di daerah rawan bencana sekitar kawasan Pantai Carocok Painan.

Pada titik-titik rawan tersebut ditempatkan petugas search and rescue (SAR) sehingga dapat mengantisipasi risiko bencana jika terjadi bagi pengunjung.

Khusus pada hari libur panjang sejak tiga hari terakhir, pemkab setempat mencatat pengunjung objek wisata andalan Pesisir Selatan itu mencapai 15 ribu orang yang terhitung pada Jumat, (18/4) hingga Minggu, (20/4).

Kepala Bidang Destinasi Wisata, Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten setempat Suhendra Jufridal mengatakan, rata-rata kunjungan wisata ke objek wisata itu sebanyak 5 ribu orang per hari. Mayoritas pengunjung berasal dari luar Kabupaten Pesisir Selatan.

"Berbeda dengan hari-hari libur lainnya, pengunjung Pantai Carocok Painan hanya sekitar 2.500 orang per hari, namun pada libur panjang ini atau sejak tiga hari terakhir mencapai 5 ribu orang per hari, bahkan pada malam Minggu, jumlah pengunjung mencapai 8.000 orang, " katanya.

Menurutnya, ramainya kunjungan wisata Pantai Carocok Painan karena hari libur bertepatan dengan digelarnya iven nasional "Festival Langkisau" oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat.  (Antara)

Pewarta: Oleh Ikhwan Wahyudi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014