London, (Antara/AFP) - Liverpool mengambil langkah lanjutan menuju gelar liga pertamanya sejak 1980 setelah menang 3-2 di markas Norwich City, Minggu, untuk unggul lima angka di puncak klasemen Liga Utama Inggris.

        Gol-gol cepat dari Raheem Sterling dan Luis Suarez membawa tim tamu unggul di Carrow Road, sebelum Gary Hooper membalas untuk tim peringkat keempat dari bawah Norwich pada menit ke-54.

        Sterling terlihat mengamankan tiga angka melalui tembakan yang mengenai pemain Norwich beberapa menit kemudian, namun tandukan Robert Sonedgrass memaksa Liverpool menjalani 10 menit terakhir dengan rasa cemas.

        Ini merupakan kemenangan ke-11 secara beruntun di liga bagi Liverpool dan bermakna mereka telah mengamankan tiket menuju Liga Champions musim depan, namun pasukan Brendan Rodgers sekarang mengincar hadiah yang lebih besar lagi.

        Mereka memerlukan tujuh angka dari tiga pertandingan tersisa untuk menjuarai liga dan dapat menyingkirkan Chelsea dari perburuan gelar dengan meraih kemenangan di kandang saat menjamu pasukan Jose Mourinho akhir pekan mendatang.

        "Ini merupakan hal besar," kata Rodgers kepada Sky Sports.

        "Kami katakan sebelum pertandingan, setiap kemenangan dalam fase ini di sepanjang musim, apakah Anda berada di puncak, di tengah, atau di bawah, merupakan hal penting, dan saya pikir kami memperlihatkan keberanian hebat pada hari ini."
   "Kami akan menjalani tiga pertandingan berikutnya dengan tekad bermain baik. Kami ingin terus berjuang dan sekarang menatap Chelsea pada pekan depan, di mana itu akan menjadi atmosfer hebat di Anfield."
   Kekalahan mengejutkan 1-2 yang diderita Chelsea dari tamunya Sunderland pada Sabtu, mengikuti hasil imbang City saat menghadapi lawan yang sama pada tengah pekan, telah memberikan keuntungan besar kepada Liverpool untuk memperbesar peluang mereka meraih gelar liga.

        Rodgers tidak diperkuat Daniel Sturridge yang cedera dan Jordan Henderson yang terkena skors, namun pasukannya menghapus rasa cemas para pendukung dengan membuka keunggulan pada menit keempat.

    
   Suarez menyamai Rush
   Sterling mendapat bola saat masih berjarak 27 meter dari gawang lawan, bergerak ke samping Bradley Johnson, dan kemudian melepaskan tembakan dari jarak 23 meter yang bersarang ke dekat tiang kiri gawang setelah sempat sedikit berubah arah karena mengenai Michael Turner.

        Setelah kiper Norwich John Ruddy menggagalkan upaya Joe Allen, Suarez mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-11, memnfaatkan umpan silang kaki kiri dari Sterling untuk memasukkan bola ke sudut kanan bawah gawang.

        Itu merupakan gol ke-12 bagi pemain Uruguay tersebut dalam lima pertandingan terakhirnya melawan Norwich, dan membuat ia menjadi penyerang pertama Liverpool yang mencetak 30 gol liga dalam semusim sejak Ian Rush melakukannya pada 1987.

        Bagaimanapun, Norwich mulai mencoba menekan, dan sembilan menit babak kedua bergulir mereka mendapatkan satu gol.

        Kiper Liverpool Simon Mignolet berusaha meninju umpan silang Steven Whittaker yang kemudian mengenai Martin Skrtel, dan bola menuju ke jalur lari Hooper, yang dengan mudah memasukkan bola ke gawang yang kosong.

        Beberapa saat kemudian Liverpool terlihat rapuh, namun pada menit ke-62 Sterling merestorasi keunggulan dua gol mereka.

        Setelah mendapat bola di area pertahanannya sendiri, pemain 19 tahun itu berlari menuju kotak penalti Norwich dan melepaskan tembakan kaki kiri yang melambung karena mengenai Johnson dan bola pun melewati kiper Ruddy.

        Snodgrass mencetak satu gol balasan bagi Norwich pada menit ke-77, melompati Jon Flanagan untuk menanduk umpan silang Martin Olsson dari sayap kiri, namun Liverpool mampu mempertahankan kemenangan.

        Pada pertandingan berikutnya yang dimainkan pada Minggu, perhatian akan beralih pada pertarungan untuk mengamankan tiket kualifikasi Liga Champions, di mana tim peringkat keempat Arsenal mendatangi markas Hll City, sebelum tim peringkat kelima Everton menjamu Manchester United.

        Arsenal unggul satu angka atas Everton di peringkat keempat dan spot kualifikasi Liga Champions terakhir menjelang lawatannya ke kandang Hull, yang juga akan menjadi lawan mereka di final Piala FA pada 17 Mei.

        Sementara itu, pertandingan United di markas Everton, akan menjadi pertama kalinya bagi David Moyes untuk kembali ke Goodison Park sejak ia meninggalkan klub itu untuk menggantikan Alex Ferguson sebagai pelatih di Old Trafford pada tahun lalu.

    (H-RF)
(Uu.SYS/C/A.R.A Adipati

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014