Rejanglebong (Antara) - Kawasan wisata Danau Mas Harun Bestari (DMHB) di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, saat ini menjadi pusat penjualan buah-buahan di daerah itu.

Pantauan di lapangan di kawasan DMHB itu, Rabu saat ini terlihat puluhan pondok pedagang buah-buahan berdiri di sepanjang area wisata di daerah tersebut tepat sisi dan kanan jalan lintas Curup - Lubuklinggau, Sumsel.

Sehingga jika pengunjung melintas di daerah ini dapat dengan mudah menemukannya dan bisa menikmati aneka rasa buah-buahan khas Rejanglebong diantaranya pisang ambon Curup, strawberry, labu kuning dan ketela rambat.   

"Pedagang buah-buahan ini semula hanya beberapa orang saja, tapi lama kelamaan jumlah semakin banyak hingga mencapai 30 orang, buah-buahan yang dijual pedagang ini merupakan buahan lokal yang dihasilkan petani dalam beberapa kecamatan di Rejanglebong seperti pisang ambon Curup, strawberry, labu kuning dan ketela rambat," kata Yani (40) salah seorang pedagang buahan di kawasan DMHB.

Pasar buah yang berada di lokasi wisata itu sendiri setiap harinya selalu ramai diminati pembeli terutama pengguna jalan datang dari arah Kota Bengkulu maupun dari arah Kota Lubuklinggau, Sumsel maupun daerah lainnya. Selain letaknya yang strategis buah-buahan yang dijual pedagang ini juga lumayan murah.

Untuk buah strawberry kata Yani mereka jual per bungkus plastik seharga Rp6.000 - Rp7.000, sedangkan pisang ambon Curup dijual per sisir mulai dari Rp15.000 - Rp25.000 per sisir tergantung dengan ukuran besarnya. Begitu juga dengan labu kuning harga jualnya bergantung dengan ukuran dan biasanya dijual seharga Rp10.000 - Rp30.000 per buah, dan untuk ketela rambat dijual rata-rata Rp5.000 per kg.

Buah-buahan yang dijual pedagang di daerah itu tambah dia, selain untuk dikonsumsi dalam perjalanan dan juga dijadikan oleh-oleh dari Kabupaten Rejanglebong, karena pisang ambon Curup, dikenal memiliki rasa manis dan aroma yang khas sehingga tidak heran jika banyak pengguna jalan atau pengunjung di kawasan wisata ini menjadikannya sebagai buah tangan untuk keluarganya di rumah.

Sementara itu menurut kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rejanglebong Rusli, kawasan DMHB merupakan salah satu objek wisata yang ada di daerah itu yang setiap musim liburan tiba selalu banyak dikunjungi wisatawan lokal baik yang berasal dari Kota Bengkulu, kemudian dari kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel, serta daerah lainnya.

"Setiap musim liburan tiba kawasan wisata di Rejanglebong selalu ramai dikunjungi wisatawan salah satunya objek wisata Danau Mas, selain bisa menikmati pemandangan alam para pengunjung ini juga bisa menikmati buah-buahan yang dijual pedagang di sekitaran lokasi wisata DMHB," katanya.***2*** 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014