Rejanglebong (Antara) - Empat caleg perempuan utusan sejumlah parpol di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, pada pelaksanaan Pemilu 9 April 2014 lalu berpeluang menduduki empat kursi dewan di daerah itu.

"Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi perolehan suara caleg dan parpol yang dilaksanakan tanggal 20 hingga 21 April 2014 lalu terdapat empat caleg perempuan yang mendapatkan suara terbanyak dan berpeluang merebut kursi DPRD Kabupaten Rejanglebong periode 2014 - 2019," kata koordinator devisi sosialisasi dan informasi Pemilu KPU Rejanglebong Mansurudin di Rejanglebong, Rabu.

Perolehan kursi dewan oleh caleg perempuan di daerah tersebut kata dia, sama dengan hasil Pemilu 2009 lalu. Ke empat caleg perempuan yang memperoleh suara terbanyak ini antara lain Hj Misriati utusan PKS daerah pemilihan (Dapil) Rejanglebong I, kemudian dua caleg dari Dapil Rejanglebong II yakni Fenny Theresia utusan partai NasDem dan Erliana utusan PPP.

Selanjutnya di Dapil Rejanglebong III diwakili Lian Sumarni dari partai Hanura yang sebelumnya pada Pemilu 2009 lalu juga terpilih menjadi anggota dewan dari partai yang sama. Sedangkan di Dapil Rejanglebong IV tidak satu pun caleg perempuan yang berhasil merebut kursi dewan.

Kendati hasil pleno rekapitulasi perolehan suara caleg dan 12 parpol peserta Pemilu Legislatif di daerah ini sudah selesai dilaksanakan di tingkat KPU Rejanglebong serta KPU Provinsi Bengkulu, namun kepastian penetapan calon anggota legislatif terpilih tersebut kata dia, baru akan dilaksanakan pada 11 Mei 2014 mendatang.   

Sebelumnya koordinator devisi logistik KPU Rejanglebong Restu S Wibowo menyebutkan, kuota caleg di daerah itu pada pemilu legislatif kali ini sebanyak 125 orang atau mencapai 42,1 persen dari 337 jumlah caleg secara keseluruhan yang tersebar dalam empat daerah pemilihan.

Ke-125 orang caleg perempuan yang bertarung dalam empat dapil di daerah itu antara lain sebanyak 36 caleg tergabung ke dapil Rejanglebong I dengan jumlah kursi dewan yang diperebutkan sebanyak sembilan kursi. Kemudian dapil II sebanyak 34 caleg dengan jumlah kursi yang diperebutkan sebanyak delapan kursi.

Selanjutnya dapil III sebanyak 30 caleg dengan jumlah kursi dewan yang diperebutkan sebanyak tujuh kursi serta 25 caleg yang bertarung di dapil Rejanglebong IV guna memperebutkan enam kursi dewan.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014