Rejanglebong (Antara) -  PT Pegadaian Cabang Curup, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, saat ini tengah mengejar target omzet 2014 sebesar Rp45,7 miliar.

"Target tahun 2014 sebesar Rp45,7 miliar dan terhitung sampai akhir April 2014 sudah terealisasi Rp12 miliar lebih. Kami optimistis target ini dapat terpenuhi karena laju pertumbuhan nasabah PT Pegadaian Curup setiap tahunnya meningkat 20 hingga 25 persen terutama mendekati musim tahun ajaran baru anak sekolah dan hari raya Idul Fitri nanti," kata Kepala Cabang PT Pegadaian Curup di Rejanglebong, Kamis.

Target omzet Pegadaian daerah tersebut kata dia, terdiri dari beberapa produk antara lain dari kredit cepat aman atau KCA dengan target sebesar Rp40 miliar, kemudian kredit angsuran sistem fidusia (Kreasi) sebesar Rp4,5 miliar, Kredit angsuran sistem gadai (Krasida) yang ditargetkan sebesar Rp1 miliar serta penjualan emas batangan atau murabahah logam mulia untuk investasi abadi (Mulia) sebesar Rp895 juta atau berkisar 2,5 kg.

"Produk Pegadaian KCA ini ialah kredit dengan agunan barang berupa emas, kendaraan bermotor, barang elektronik dan lain-lain, dengan pengenaan jasa pinjaman dihitung per-15 hari dan jangka waktu kredit maksimum empat bulan," jelasnya.

Sementara itu, untuk produk PT Pegadaian lainnya, tambah dia, selain KCA ialah kredit angsuran sistem fidusia (Kreasi) yakni kredit untuk pengembangan UMKM dengan besaran kredit Rp1 juta hingga Rp100 juta, dengan jaminan surat BPKB kendaraan roda dua maupun empat, yang sistem pengembaliannya dilakukan melalui angsuran per-bulan selama satu hingga tiga tahun dengan bunga satu persen.

Selanjutnya, Kredit angsuran sistem gadai (Krasida) dan kredit usaha rumah tangga atau Krista yang dikucurkan untuk kalangan pelaku UKM serta produk Pegadaian Mulia adalah penjualan logam mulia atau emas batangan secara tunai, dan agunan dengan jangka waktu fleksibel. Keuntungan produk ini, antara lain nilai inflasinya sangat kecil, perhiasan yang dijual dijamin keasliannya serta memiliki sertifikat dari pemerintah yakni dari PT Aneka Tambang (Antam) dengan angsuran disesuaikan harga pasaran saat dilaksanakan akad kredit.

Untuk mendapatkan produk ini nasabah harus membayar uang muka 25-40 persen, dengan jangka kredit enam bulan hingga tiga tahun. Pelaksanaan akad kredit dilangsungkan berdasarkan persetujuan yang dibuat kedua belah pihak, disertai keuntungan maupun biaya-biaya yang disepakati.

Bagi kalangan masyarakat yang membutuhkan modal usaha atau pinjaman yang cepat dengan bunga ringan sehingga tidak terjerat rentenir atau "pengijon" kata dia, dapat mendatangi kantor Pegadaian Curup yang membawahi tiga wilayah di daerah itu selain Kabupaten Rejanglebong yakni Kabupaten Kepahiang dan Lebong.

"Untuk Kabupaten Rejanglebong selain di kantor cabang juga telah dibuka unit Pengadaian di Pasar Atas Curup dan dikawasan Simpang Empat Kelurahan Air Putih, Kecamatan Curup Selatan. Sedangkan untuk masyarakat Kabupaten Kepahiang dan Lebong juga bisa mendatang unit PT Pegadaian Curup yang telah dibuka di daerah masing-masing," katanya.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014