Dalam acara bertajuk "Greysia Polii: Testimonial Day", pebulu tangkis yang mengakhiri statusnya sebagai atlet di usia 34 tahun ini menyempatkan beraksi untuk terakhir kalinya dalam pertandingan amal. Dana yang terkumpul dari kegiatan ini disumbangkan kepada dua yayasan kemanusiaan.

Acara perpisahan Greysia diawali dengan penampilan penyanyi Raisa yang membawakan tiga buah lagu pembuka,  dilanjutkan dengan pidato sambutan oleh Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali.

Tak lama kemudian, pertandingan pun dimulai dengan menyajikan tiga gim dengan format berbeda. Pada gim pertama dimainkan 3vs3 antara Tim A dan Tim B yang masing-masing mengenakan kaos berwarna putih dan hitam.

Baca juga: Apriyani/Fadia tembus final Indonesia Masters 2022

Baca juga: Anthony Ginting perpanjang rekor kekalahan dari peringkat satu dunia Axelsen

Tim A diisi oleh Greysia Polii/Anthony Sinisuka Ginting/Hendra Setiawan, sedangkan tim B diwakili Jonatan Christie/Wang Chi Lin/Tai Tzu Ying.

Permainan kedua tim berlangsung seru dan sesekali diwarnai aksi menghibur yang dilakukan oleh peserta, misalnya saat Jonatan keluar lapangan untuk sekedar bersandar di tiang kursi wasit atau Tzu Ying yang melakukan pengembalian dengan posisi jongkok di depan net.

Skor gim ini pun dibuat pendek hanya dengan memainkan 11 poin maksimal. Tim A pun mengakhiri permainan lawannya dengan skor 11-8.

 
Menpora RI Zainudin Amali (kanan) memberikan jaketnya kepada Mantan pebulu tangkis ganda putri Indonesia Greysia Polii (kiri) pada acara "Testimonial Day Greysia Polii" di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (12/6/2022). Dalam acara tersebut Greysia Polii yang juga peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu, secara resmi mengumumkan pensiun sebagai atlet bulu tangkis profesional. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)




Gim kedua, giliran Greysia debut berpasangan dengan atlet Jepang Yuta Watanabe di nomor ganda campuran. Pasangan Greysia/Yuta menghadapi Wang Yi Lyu/Sapsiree Taerattanachai.

Meski hadir dengan formasi ganda campuran, namun gim kali ini juga tak kalah seru dan mengundang gemuruh penonton yang menyaksikan. Meski pertandingan santai, namun Yuta pada awal gim terlihat begitu semangat melesatkan smes dan teknik umpan-umpan menyilang.

Baru pada pertengahan permainan, Yuta mengendurkan aksinya dan lebih banyak menampilkan hiburan lewat lompatan-lompatan yang mengundang decak kagum penonton.

Kali ini, Tim A kembali memenangkan gim atas paduan atlet China dan Thailand itu dengan skor tipis 11-10.

Baca juga: Revans dari He/Zhou, Fajar/Rian pastikan tiket final Indonesia Masters 2022

Baca juga: Dihentikan pasangan peringkat 400 dunia di Indonesia Masters, ini tanggapan Minions

Akhirnya pada gim penutup, Greysia kembali hadir dalam format pertandingan yang lebih ramai dengan 4vs4. Greysia kini berpadu dengan Thinaah Muralitharan/Shin Seung Chan/Jongkolphan Kititharakul, menghadapi wakil tim B Misaki Matsumoto/Huang Dong Ping/Ashwini Ponnappa/Gabriela Stoeva.

Permainan ramai yang dimainkan hanya oleh pebulu tangkis putri ini sayangnya berlangsung tak terlalu lama seperti dua gim sebelumnya, karena skor maksimal hanya dibatasi tujuh poin.

Lagi-lagi tim A yang digawangi Greysia mencetak kemenangan dengan skor 7-5.

Setelah sesi formal dan membacakan pidato perpisahan, Greysia pun meninggalkan lapangan Istora Senayan sebagai atlet bulu tangkis untuk terakhir kalinya dengan tak lupa membawa bendera Merah Putih yang menutupi pundaknya.

Sebelumnya, Greysia Polii mengutarakan akan secara resmi mengundurkan diri dari kariernya sebagai atlet pada acara perpisahan yang secara khusus digelar sebelum berlangsungnya final Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta pada 12 Juni.

 
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu (kiri) mencium tangan mantan pasangan bulu tangkis ganda putrinya Greysia Polii (kanan) pada acara "Testimonial Day Greysia Polii" di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (12/6/2022). Dalam acara tersebut Greysia Polii yang juga peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu, secara resmi mengumumkan pensiun sebagai atlet bulu tangkis profesional. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)



Menurut atlet peraih medali emas Olimpiade Tokyo, acara bertajuk "Greysia Polii: Testimonial Day" yang ide acara itu sendiri datang dari pelatihnya, coach Eng Hian dan kemudian diiyakan oleh PBSI serta sponsor untuk menggelar acara farewell nanti. Saya rasa ini adalah apresiasi dari PBSI dan sponsor bagi atletnya yang berprestasi, tidak ada kata yang bisa saya ucapkan selain bersyukur," kata Greysia dalam konferensi pers di Jakarta.

Pernyataan Greysia itu semakin mendekatkan akhir karier Greysia sebagai atlet bulu tangkis Indonesia yang telah berjasa dengan mencetak sejarah sebagai ganda putri Merah Putih pertama yang menyumbang medali emas Olimpiade bersama pasangannya, Apriyani Rahayu.

Selain itu, keputusan gantung raket itu juga mengakhiri perjalanan Greysia sebagai atlet penghuni Pelatnas PBSI di Cipayung setelah 19 tahun lamanya dan berganti pasangan dari sektor ganda campuran dan ganda putri.

"Saya ingin berterima kasih kepada PBSI yang sudah menjadi rumah saya selama 19 tahun. Tidak hanya kepada pengurus sekarang, tapi juga pendahulu-pendahulu yang telah membuat saya dan atlet-atlet lain bisa meraih gelar juara, berprestasi dan mengeluarkan kemampuan terbaik kami," Greysia mengungkapkan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Greysia bertanding terakhir kalinya di Istora bersama 18 atlet ternama

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022