Pengurus Masjid Agung Baitul Makmur Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu membagikan 300 kupon daging hewan kurban untuk kalangan warga tidak mampu di daerah itu.

Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Baitul Makmur Rejang Lebong, Amran Duna usai Shalat Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu, mengatakan hewan kurban yang disembelih pada tahun ini sebanyak tujuh ekor, terdiri atas lima ekor sapi dan dua ekor kambing.

"Ada lima ekor sapi dan dua ekor kambing, sedangkan kupon yang sudah kami bagikan sebanyak 300 lembar. Daging hewan kurban ini akan kami bagikan untuk petugas kebersihan, pemulung, tukang ojek, kaum fakir miskin dan warga di sekitar masjid," kata dia.

Dia menjelaskan, jumlah hewan kurban yang disembelih di masjid kebanggaan daerah itu setiap tahunnya terus menyusut dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Penurunan ini karena masjid dan mushalla yang berdekatan melakukan penyembelihan sendiri tidak dilakukan di masjid agung lagi serta banyak jamaah masjid itu sudah pernah berkurban.

"Kalau tahun belakang jumlah hewan kurban yang disembelih di Masjid Agung Baitul Makmur ini sebanyak 10 ekor terdiri dari tujuh ekor sapi dan tiga ekor kambing. Kami berharap ke depannya pemda bisa memotong hewan kurban di sini lagi," terangnya.

Sementara itu Sekda Kabupaten Rejang Lebong, Yusran Fauzi menyatakan Pemkab Rejang Lebong pada hari Raya Idul Adha kali ini menyembelih hewan kurban sebanyak tujuh ekor, di mana penyembelihannya dilaksanakan dalam beberapa kecamatan.

Jumlah hewan kurban yang disembelih oleh Pemkab Rejang Lebong itu sendiri jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya lebih dari 10 ekor tersebar dalam 15 kecamatan di wilayah itu.

Berdasarkan data dari Binmas Kemenag Rejang Lebong menyebutkan jumlah hewan kurban yang akan disembelih umat Muslim di Kabupaten Rejang Lebong pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah mencapai 1.232 ekor terdiri dari tujuh ekor kerbau, 592 ekor sapi dan 633 ekor kambing.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022