Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak 259 warga daerah itu mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan di daerah itu.

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Rejang Lebong Novfry Iranas di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwaslu kecamatan tersebut telah berakhir pada 27 September kemarin, di mana pendaftaran ini untuk menjaring 45 orang yang akan bertugas dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Sampai dengan hari terakhir kemarin yang memasukan berkas pendaftaran sebanyak 259 orang, saat ini berkas-berkas persyaratan yang sudah dimasukan pendaftar sedang dalam penelitian administrasi oleh pokja perekrutan Panwaslu kecamatan," kata dia.

Dia menjelaskan, berkas pendaftaran calon peserta Panwaslu kecamatan ini setelah dilakukan penelitian pada 12 Oktober nanti akan diumumkan siapa saja yang telah memenuhi syarat guna mengikuti tahapan selanjutnya.

Kalangan masyarakat yang telah memasukan berkas pendaftaran seleksi Panwaslu kecamatan sebanyak 259 orang tersebut, kata dia, terdiri dari 205 orang laki-laki dan 59 orang perempuan.

Sejauh ini pihaknya masih menunggu petunjuk dari Bawaslu pusat mengenai pemenuhan kuota keterwakilan perempuan 30 persen karena jika dilihat dari jumlah keseluruhan pelamar belum mencapai 30 persen, sedangkan kalau dihitung per kecamatan minimal enam orang sudah terpenuhi di 11 kecamatan dan empat kecamatan belum terpenuhi.

"Kami masih menunggu petunjuk dan arahan Bawaslu pusat secara tertulis, kalau dari arahan itu dilihat dari jumlah pendaftar karena ini konsekwensi terhadap perpanjangan waktu dan akan diumumkan tanggal 1 Oktober nanti," terangnya.

Menurut dia, jika petunjuk tertulis dari Bawaslu pusat ini sudah mereka terima maka pihaknya akan melakukan perpanjangan penerimaan berkas apakah dilakukan secara keseluruhan atau hanya pada beberapa kecamatan yang belum memenuhi kuota keterwakilan perempuan saja.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022