Mukomuko (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memastikan belum ada surat suara untuk Pemilihan Umum Presiden 2014 di daerah itu yang cacat.

"Pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umun Presiden (Pilpres) telah selesai sekitar 70 persen dari sebanyak 122.141 lembar, namun belum ada temuan surat suara yang cacat," kata Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Junhari, di Mukomuko, Rabu.  

Ia mengatakan, bahwa kegiatan pelipatan surat suara untuk Pilpres di daerah itu telah berlangsung sejak hari Selasa (24/6) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Ia menargetkan, pelipatan surat suara itu dapat diselesaikan tepat pada waktunya selama dua hari atau pada Rabu malam sekitar pukul 21.00 WIB.

"Sekitar pukul sembilan malam nanti pelipatan surat suara ini juga selesai," ujarnya.

Ia mengatakan, pelipatan surat suara untuk Pilpres itu dilakukan oleh tenaga yang berada dari dalam KPU setempat. Namun tidak semua tenaga atau staf di KPU, sebagian tetap menjalankan tugas seperti biasa.

Menurut dia, pihaknya tidak lagi melibatkan orang luar dalam kegiatan pelipatan surat suara, karena pengawasannya sulit seperti saat Pemilihan Umum Legislatif (Pileg).

"Kalau dibuka untuk umum, maka jumlah tenaga yang ikut melipat juga banyak sehingga yang repot itu pengawasan orang sebanyak itu," ujarnya.

Ia menerangkan, setelah dilipat, seluruh surat suara Pilpres ini akan dipisah-pisah untuk setiap tempat pemungutan suara (TPS).

"Pembagian surat suara ini sesuai jumlah daftar pemilih tetap setiap TPS ditambah dua persen," ujarnya lagi.

Pada Pilpres mendatang diikuti dua pasangan calon yakni nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa serta nomor urut dua Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014