Bengkulu (Antara) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Regional Provinsi Bengkulu menyediakan bahan kebutuhan pokok yang bisa dibeli masyarakat dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga pasar.

"Kami menyiapkan produk bahan pokok yang akan dijual di bawah harga eceran, dan itu tersedia di sejumlah pasar murah yang digelar Pemerintah Provinsi Bengkulu," kata Kepala Bulog Divisi Regional Bengkulu Basirun di Bengkulu, Kamis.

Dia mengatakan bahan pokok yang disiapkan Bulog Bengkulu tersebut berupa beras, gula, dan minyak goreng kemasan.

"Kami menjual lebih murah Rp500 sampai dengan Rp1.000 per kilogramnya, kami ingin membantu masyarakat khususnya golongan menengah ke bawah untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau," kata dia.

Selain menyediakan bahan pokok pada pasar murah yang digelar di lima lokasi di Provinsi Bengkulu itu, pihaknya juga mencegah harga sembilan bahan pokok merangkak naik.

"Biasanya kenaikan harga sembako dikarenakan faktor psikologis pasar, masyarakat ketakutan tidak mendapatkan sembako, sehingga melakukan aksi borong pasar, kepanikan masyarakat juga bisa dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab dengan menimbun bahan pokok. Lokasi pasat murah yang sudah pasti, yakni tiga lokasi di Kota Bengkulu dan dua lokasi di kabupaten menunggu konfirmasi dari Disperindag Bengkulu" katanya.

Berdasarkan pantauan Bulog Bengkulu, harga beras di sejumlah pasar di daerah itu, yakni Rp10.569 per kilogram untuk harga tertinggi, sedangkan harga terendah Rp8.228. Pihaknya memberikan harga Rp7.750 untuk masyarakat.

Harga tertinggi gula pasir di pasaran, yakni Rp10.767 per kilogram dan harga terendah Rp10.500, namun Bulog Bengkulu menjual di pasar murah dengan harga Rp9.500.

Harga tertinggi minyak goreng kemasan Rp16.167 dan harga terendah Rp13.667, sedangkan Bulog menjual dengan harga Rp13.000.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu Rudi Perdana mengatakan pasar murah tersebut akan dipusatkan di tiga lokasi di Kota Bengkulu.

"Mulai 24-26 Juni kita akan gelar di Kecamatan Muara Bangkahulu, selanjutnya pada 12-14 Juli, akan digelar di Kecamatan Teluk Segara," katanya.

Mendekati Lebaran, 18-20 Juli, bazar bahan pokok akan dipusatkan di Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu.

"Kami bekerja sama dengan Bulog Bengkulu dan pihak terkait lainnya," kata Rudi.

Pada Selasa (24/6), Gubernur Provinsi Bengkulu Junaidi Hamsyah mengimbau masyarakat memanfaatkan sebaik-baiknya program pemerintah daerah tersebut yang akan digelar dalam waktu tertentu, selama  Ramadhan.

"Bagi yang golongan menengah ke atas kami mohon tidak ikut berbelanja di pasar murah, beri kesempatan bagi saudara kita yang kurang mampu," kata Junaidi. ***2***

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014