Rejanglebong (Antara) - Ratusan warga Kota Curup Kabupaten Rejanglebong Bengkulu, menjelang datangnya bulan puasa Ramadhan tahun ini memadati sejumlah lokasi pemakaman umum untuk melakukan ziarah ke tempat-tempat pemakaman.

Pantauan di lokasi tempat pemakaman umum (TPU) Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah, Kamis (26/6) terlihat ratusan warga dari berbagai kecamatan memadati lokasi TPU tersebut guna melakukan ziarah kubur menjelang datangnya bulan puasa tahun ini. Para warga yang datang ini selain melakukan pembersihan dimakam sanak saudara mereka juga melakukan tabur bunga dan pembacaan surat yasin serta doa selamat.

"Kegiatan ziarah kubur ini kami lakukan setiap tahun baik sebelum datangnya bulan puasa maupun saat hari raya Idul Fitri nanti. Ziarah ini kami lakukan guna membersihkan makam orangtua kami dan beberapa makam keluarga yang lainnya," kata Yana (38) salah seorang warga asal Kecamatan Curup Timur.

Kegiatan bersih-bersih makam dan pemanjatan doa di TPU menjelang bulan Ramadhan itu sendiri kata dia, juga dilakukan oleh banyak warga lainnya bahkan banyak juga yang datang dari luar daerah, mereka datang dari jauh hanya untuk melakukan ziarah kubur sebagai bentuk bhakti kepada orang-orang yang mereka cintai yang telah meninggaldunia.

Sementara itu hal yang sama juga diutarakan Rifkiansyah (45) peziarah lain seraya menambahkan, kegiatan ini mereka lakukan sebagai bentuk obat rasa kangen terhadap orang-orang yang mereka cintai yang telah meninggalkan mereka terlebih dahulu.

"Rasa belum afdol puasa nantinya jika belum ziarah kuburan orangtua serta sanak keluarga lainnya, karena selain bersih-bersih pada ziarah ini juga kami memanjatkan doa agar orang-orang yang telah meninggalkan kami diterima di sisi Nya serta diampuni segala dosa-dosa mereka selama ini," terangnya.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014