Wakil Bupati Mukomuko Wasri mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana pendukung penanggulangan bencana alam terutama banjir dan longsor pada saat musim hujan sekarang ini.
 
Usai apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana di lapangan samping Masjid Agung, Rabu, Wasri mengatakan, apel ini dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana karena di daerah ini sering terjadi terjadi gempa bumi dan banjir.
 
Hadir dalam kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana, yakni Ketua DPRD Mukomuko Ali Saftaini, Sekda Mukomuko Yandaryat, Dandim 0428/Mukomuko, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, Kepala OPD.
 
"Wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu masih berpotensi terjadi bencana gempa bumi dan tsunami, termasuk bencana tanah longsor dan banjir saat cuaca ekstrim sekarang ini," ujar Wasri.
 
Untuk itu, katanya, pemerintah daerah setempat bersama dengan stakeholder atau pemangku kepentingan di daerah ini selalu siap siaga menghadapi bencana yang waktu-waktu dapat terjadi.
 
Selain itu, ia meminta semua pihak terkait harus memahami perspektif bencana alam di daerah ini agar lebih paham tugas dan fungsi sehingga dapat meningkatkan sinergitas dalam menghadapi bencana didaerah ini.
 
"Semua pihak harus bersinergi dalam menghadapi bencana, dan harus paham apa yang harus dilakukan bila terjadi bencana, semoga dengan apel ini kedepan bisa meminimalisir korban jiwa bila sewaktu-waktu terjadi bencana," ujarnya.
 
Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan daerah ini dalam menghadapi bencana alam.
 
Ia mengatakan, semua instansi terkait di daerah ini seperti BPBD, Dinas Sosial, Polres, Kodim, Basarnas, PMI, Tagana, Banser menampilkan peralatan yang digunakan untuk menghadapi bencana alam.
 
Selain itu, katanya, kesiapan personel penanggulangan bencana baik di lingkungan pemerintah daerah setempat dan instansi vertikal di daerah ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022