Komandan Distrik Militer 0409 Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Letkol CZI Trisnu Novawan mengatakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong selain menyasar kegiatan pembangunan fisik juga sebagai upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat.

"Selain kegiatan fisik juga kegiatan non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan seperti wawasan kebangsaan, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan perikanan, penyuluhan kesehatan, penyuluhan hukum dan lainnya yang bertujuan mendorong peningkatan pengetahuan kepada masyarakat," kata Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol CZI Trisnu Novawan di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan, kegiatan TMMD ke 115 yang dilaksanakan mulai 11 Oktober 2022 di wilayah Kecamatan Curup Selatan ini melibatkan 150 personel dari anggota TNI juga dibantu anggota Polri, personel dari Pemkab Rejang Lebong dan kelompok masyarakat setempat.

Pelibatan kalangan masyarakat setempat menurut Dandim selain untuk memberikan keterampilan kerja juga untuk memunculkan rasa tanggungjawab dan rasa memiliki sehingga bisa merawat bangunan yang dibangun pada program TMMD di wilayah itu.

Sementara itu, pekerjaan pembukaan jalan baru yang berlokasi di Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan yang nantinya akan menghubungkan Kabupaten Rejang Lebong dengan Kabupaten Bengkulu Tengah dengan panjang 5,5 kilometer saat ini sudah mencapai 3,8 kilometer.

Sebelumnya, Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat pembukaan TMMD pada 11 Oktober 2022 menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI yang telah melaksanakan kegiatan TMMD di Kabupaten Rejang Lebong yang berlokasi di  Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kedekatan TNI dan pemerintah daerah dengan masyarakat. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat karena memang dibutuhkan. Salah satu manfaatnya nanti ialah mempermudah akses masyarakat yang akan mengeluarkan hasil pertanian karena adanya jalan baru," kata dia.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022