Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0409/Rejang Lebong, Bengkulu, di Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong merampungkan pekerjaan pembukaan jalan baru sepanjang 5.500 meter.

"Pembukaan badan jalan sepanjang 5.500 meter dengan lebar delapan meter yang menghubungkan Desa Air Lanang dengan perbatasan Kabupaten Bengkulu Tengah sampai hari ini sudah mencapai 4.450 meter, insyaallah besok sudah rampung," kata Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol CZI Trisnu Novawan di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan pembukaan jalan baru sepanjang 5,5 km tersebut menggunakan bantuan alat berat karena kondisi geografis berupa perbukitan, di mana jalan ini nantinya menjadi jalan alternatif guna memudahkan warga dari kedua daerah dalam pengangkutan hasil bumi maupun transportasi antardaerah.

Program TMMD ke-115 tahun 2022 yang dilaksanakan di Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan tersebut, kata dia, dimulai 11 Oktober 2022 selain menyasar kegiatan pembangunan fisik juga nonfisik.

Dia mengatakan untuk kegiatan fisik lainnya di antaranya pembuatan sumur bor untuk kebutuhan air bersih masyarakat Desa Air Lanang mengingat selama ini mereka kesulitan mendapatkan air bersih karena berada di dataran tinggi.

Selain itu, pembuatan plat duiker sebanyak lima unit, bedah rumah, pembuatan pos kamling, pembangunan rumah warga miskin dua unit, rehab mushalla.

Selain itu TMMD Kodim 0409/Rejang Lebong ini juga melaksanakan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan-penyuluhan seperti hukum, kesehatan, pertanian, dan wawasan kebangsaan.

Pelaksanaan TMMD ini melibatkan personel TNI 93 orang, masyarakat 25 orang, TNI AL 10 orang, anggota Polri 10 orang dan Pemkab Rejang Lebong 27 orang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022