Bengkulu (Antara) - Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu menjamin ketersediaan stok, baik daging ayam, sapi, kerbau maupun telur untuk kebutuhan hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Masyarakat tidak perlu cemas kehabisan stok daging, bahkan kami sudah menyediakan stok yang lebih banyak dari kondisi stok lebaran tahun lalu," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu Irianto Abdullah di Bengkulu, Jumat.

Menurut dia, untuk sapi dan kerbau, pihaknya telah menyediakan sebanyak 5.794 ekor, dari jumlah yang tersedia, artinya Disnakwan Provinsi Bengkulu menyediakan daging sapi dan kerbau untuk kebutuhan lebaran sebanyak 534,96 ton.

Untuk memenuhi kebutuhan daging ayam, menurut Irianto, pihaknya juga telah menyediakan sebanyak 783.958 ekor, atau 753,96 ton daging ayam.

"Semua kebutuhan daging bisa dipenuhi dari peternak lokal Provinsi Bengkulu, namun untuk telur harus kami datangkan dari luar provinsi," kata dia.

Jumlah telur dari luar provinsi, kata Kadisnakwan yakni sebanyak 30 persen dari jumlah kebutuhan masyarakat Provinsi Bengkulu didatangkan dari provinsi tetangga, yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan da Lampung.

"Sebanyak 70 persen bisa kita penuhi dari peternak lokal, jumlah yang kita sediakan untuk lebaran kali ini yakni sebanyak 43.800.006 butir telur," ucapnya.

Dia mengatakan, daging yang disediakan pihaknya untuk didistribusikan ke pedagang pasar tradisional di daerah itu di potong di rumah potong hewan baik milik provinsi, kabupaten maupun kota.

"Jadi semua hawan ternak yang akan dipotong sudah melalui pengecekan kesehatan, untuk itu kami mengimbau masyarakat teliti membeli daging, dan belilah pada pedagang yang jelas rekam jejak sebagai penjual daging baik sapi maupun ayam di pasar-pasar tradisional di Bengkulu, bukan pedangan musiman pas mendekati hari lebaran," ujarnya.

Selain itu dia juga mengimbau agar warga berbelanja sesuai kebutuhan, karena aksi borong pasar merupakan salah satu faktor yang menyebabkan harga barang di pasaran melonjak drastis. (Antara)

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014