Satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0409/Rejang Lebong, Bengkulu, menyelesaikan tiga kegiatan utama berupa pembukaan jalan 5.500 meter, pembuatan drainase dan plat duiker dan gorong-gorong.

"Alhamdulillah saat ini pengerjaan pembukaan jalan, kemudian pembuatan saluran drainase dan plat duiker dan gorong-gorong di Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan sudah selesai 100 persen," kata Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol CZI Trisnu Novawan didampingi Pasi Teritorial Kapten CBA Arif Parwoko di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, pembukaan jalan alternatif sepanjang 5.500 meter dengan lebar badan jalan 8 meter yang bisa menghubungkan dengan wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah tersebut dilakukan sejak 11 Oktober hingga 11 November nanti.

Pengerjaan pembukaan jalan ini, kata dia, menggunakan beberapa alat berat mengingat lokasinya berada di atas perbukitan dan jauh dari pemukiman warga sehingga tidak bisa hanya mengandalkan tenaga anggota TNI.

Selain pembukaan jalan Satgas TMMD ini juga membuat saluran drainase sepanjang 10 meter, kemudian satu unit plat duiker, empat gorong-gorong.

Sedangkan untuk pekerjaan tambahan berupa bedah rumah satu unit, pembuatan sumur bor, pembuatan poskamling, pembangunan rumah miskin dua unit, rehab mushola, kegiatan operasi bibir sumbing.

Sementara itu untuk kegiatan non fisik, tambah dia, berupa penyuluhan-penyuluhan seperti hukum, kesehatan, pertanian, wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya kebakaran hutan dan lahan, stunting, donor darah serta pemutaran film perjuangan.

Dia berharap, bangunan yang dibangun dalam program TMMD ke-115 oleh Kodim 0409/Rejang Lebong yang dipusatkan di Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan tersebut bisa dirawat sehingga bisa memberikan manfaat serta bertahan lama.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022