Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Harga cabai merah keriting di tingkat pedagang pengecer di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada akhir pekan tercatat Rp19.000 atau naik sebesar Rp1.000/kg dari sebelumnya Rp18.000/kg.

Saat ini, harga cabai merah keriting itu tidak banyak peningkatan, karena pasokan terus bertambah, kata seorang pedagang cabai di kawasan Pasar Panorama, Mina, Kamis.

Ia memperkirakan, perkembangan pasokan cabai baik dari sentra produksi maupun kebun perseorangan ke depan lancar termasuk pasokan cabai dari luar Bengkulu yaitu dari Pulau Jawa.

Untuk harga cabai rawit tetap dijual pedagang Rp28.000/kg setelah sebelumnya turun, sedangkan pasokan dari petani cendrung berkurang akibat musim penghujan.

Menurut dia, harga cabai tetap tidak bisa menjadi pedoman baku, karena setiap hari ada perubahan dan tergantung kebutuhan dan stok pada pedagang di daerah ini, berbeda dengan dengan harga bahan pokok lainnya.

Pasokan cabai merah itu, didatangkan dari daerah Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan kebun petani secara perorangan di Kabupaten Bengkulu Utara sampai sekarang tetap lancar.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bengkulu Rahman mengatakan, cabai merah itu sebelumnya juga di pasok dari kabupaten tetangga yaitu Lintang Empat Lawang, Sumsel, namun sekarang murni produksi lokal.(Z005)

Pewarta:

Editor : Usmin


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012