Padang Aro, Sumbar (Antara) - Kepolisian Resor Solok Selatan, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat setempat untuk tidak menggunakan mobil bak terbuka saat pergi berlebaran dengan keluarga.

Kapolres Solok Selatan, AKBP Nanang Putu Wardianto di Padang Aro, Rabu, mengatakan menggunakan mobil bak terbuka saat berlebaran sudah pasti membahayakan jiwa penumpangnya walaupun daya angkutnya lebih banyak.

"Dengan bak terbuka memang daya angkutnya lebih banyak, tetapi tingkat bahayanya lebih besar, karena penumpangnya bisa terpental saat kendaraan sedang berjalan," katanya.

Ia menyebutkan, saat lebaran pihak kepolisian tidak dibenarkan untuk menilang, karena itu kita berharap masyarakat lebih mengutamakan keselamatan.

"Dalam berlebaran kebanyakan masyarakat di perkampungan menggunakan kendaraan apa adanya, dan termasuk mobil bak terbuka seperti dum truk dan ini sangat berbahaya bagi penumpangnya," katanya.

Jika masih ada yang menggunakan mobil bak terbuka katanya, maka petugas di lapangan akan mengarahkan penumpangnya, karena polisi tidak boleh menilang saat lebaran.

"Jika ada yang harus memakai mobil bak terbuka, maka petugas akan mengarahkan supaya penumpangnya tidak duduk terlalu ke pinggir atau lebih ke tengah untuk mengurangi risiko kecelakaan," katanya.

Dia mengatakan, selama lebaran polisi sudah membuat pos pelayanan dan pengamanan di lokasi wisata serta jalur mudik yang akan dilalui.

Pos pelayanan katanya, didirikan di lokasi objek wisata seperti Hot Waterboom, ruang terbuka hijau Muaralabuh serta Balun.

"Pos pelayanan tersebut akan bertugas mengamankan lokasi keramaian serta mengurai kemacetan dan mengamankan jalur lali lintas," katanya.

Dia berharap, saat lebaran nanti berjalan lancar dengan tidak ada kecelakaan lalu lintas ataupun korban jiwa.

"Kesadaran berlalu lintas ini harus tumbuh dalam diri masing-masing individu, sehingga tercipta kondisi yang kondusif," katanya.

Selain itu tambahnya, bagi masyarakat yang pergi lebaran supaya mengutamakan keselamatan dan jangan berkendara secara ugal-ugalan di jalan raya.

"Masyarakat harus mengutamakan keselamatan diri serta orang lain dengan berkendara dengan benar," katanya. ***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014