Rejanglebong (Antara) - Menjelang hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah kalangan warga Kabupaten Rejanglebong Bengkulu, yang akan mudik lebaran memanfaatkan jasa penitipan barang di Pegadaian setempat.

"Saat ini kapasitas gudang penyimpanan barang milik Pegadaian Curup sudah penuh baik oleh kendaraan roda dua dan empat yang dititipkan oleh warga yang akan mudik lebaran dengan jumlah mencapai 50 unit. Kalangan warga ini memanfaatkan jasa penitipan barang karena mereka akan mudik lebaran ke kampung halaman masing-masing," kata kepala cabang PT Pegadaian Curup yang membawahi Kabupaten Rejanglebong, Kephaiang dan Kabupaten Lebong, Yusdianto di Rejanglebong, Rabu.

Kalangan warga setempat yang memanfaatkan jasa penitipan barang di daerah tersebut kata dia, karena mereka akan bepergian keluar daerah untuk beberapa lama sehingga tidak mau mengambil resiko jika barang-barang berharga mereka tinggalkan dirumah yang kosong.

Para warga yang menitipkan kendaraan bermotor serta barang mewah lainnya di daerah ini kata dia, sebelumnya sudah menjadi pelanggan PT Pegadaian Curup dan hampir setiap tahun mereka lakukan.

Untuk menitipkan kendaraan atau barang mewah lainnya ini para nasabah hanya diwajibkan mengisi formulir serta membawa surat menyurat barang yang akan dititipkan serta membayar biayai penitipan dengan harga terjangkau mulai dari Rp50.000 hingga Rp200.000 untuk jangka waktu tertentu.

Sementara itu untuk menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah dalam tiga wilayah yang di bawahi PT Pegadaian Curup, kata dia, saat ini sedang peningkatan penebusan barang yang sebelumnya digadaikan konsumen dan hal ini nampaknya menjadi kecenderungan setiap kali menjelang lebaran terutama untuk barang jenis perhiasan dan akan menggadaikannya kembali setelah lebaran.

Sedangkan pencapaian target omzet PT Pegadaian Cabang Curup 2014 tambah dia, saat ini baru mencapai Rp20 miliar dari target sebesar Rp45,7 miliar yang terdiri dari beberapa produk antara lain dari kredit cepat aman atau KCA dengan target sebesar Rp40 miliar, kemudian kredit angsuran sistem fidusia (kreasi) sebesar Rp4,5 miliar.

Selanjutnya kredit angsuran sistem gadai (krasida) yang ditargetkan sebesar Rp1 miliar serta penjualan emas batangan atau murabahah logam mulia untuk investasi abadi (mulia) sebesar Rp895 juta atau berkisar 2,5 kg.

Guna memenuhi target ini, pihaknya telah membuat spanduk sosialisasi serta melakukan kegiatan sosial lainnya yang tujuannya mengajak kalangan masyarakat setempat yang membutuhkan modal usaha atau pinjaman yang cepat dengan bunga ringan sehingga tidak terjerat rentenir dapat mendatangi kantor cabang Pegadaian Curup yang berada di Kabupaten Rejanglebong serta kantor unit Pegadaian yang ada di Kabupaten Kepahiang dan Lebong dengan membawa identitas diri yang masih berlaku dan barang agunan sebagai jaminan. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014