Mukomuko (Antara) - Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Syafkani mengajak warga setempat meramaikan acara takbir keliling yang digelar oleh pemerintah setempat pada malam Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah.

"Kita sudah siapkan tarub untuk langkah persiapan Shalat Idul Fitri dan takbir keliling. Diharapkan saat takbir keliling warga bersama-sama meramaikannya di mulai dari rumah dinas bupati," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Syafkani, di Mukomuko, Sabtu.

Takbir keliling yang digelar oleh pemerintah setempat mengambil rute awal dari rumah dinas menuju Kelurahan Bandar Ratu, Desa Ujung Padang, Kelurahan Pasar Mukomuko dan kembali lagi ke rumah dinas kepala daerah dengan jarak sejauh 10 kilometer.

Ia mengatakan, untuk memeriahkan acara tersebut kepada pejabat di lingkungan pemerintah setempat, kecamatan, hingga desa agar membawa kendaraannya untuk ikut serta.

Menurut dia, semua pejabat di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat diundang. Selain itu imbauan kepada masyarakat agar membawa sepeda motor dan mobil supaya bisa mengikuti takbir keliling secara tertib.

"Takbir keliling nantinya diatur oleh petugas dari Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Polisi Lalu Lintas," ujarnya.

Sehingga, lanjutnya, sepeda motor tidak boleh mendahului mobil saat takbir keliling tersebut.

Terkait hari pelaksaan takbir keliling di daerah itu, kata dia, pihaknya masih menunggu penetapan hari lebaran tahun 2014 dari Menteri Agama.

"Hari pelaksanaan lebaran mengacu kepada keputusan Menteri Agama," ujar Syafkani.

Ia mengatakan, meskipun saat ini pihaknya telah menyiapkan tenda di depan rumah dinas bupati setempat. Namun semua itu sebagai langkah pemerintah setempat untuk persiapan menyambut hari raya Idul Fitri (I'd) 1435 Hijriah di daerah itu.***3**

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014