Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat, meminta  masyarakat di daerah itu untuk mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumah masing-masing berkaitan dengan peringatan HUT  kemerdekaan RI ke-64 pada 17 Agustus mendatang.

Permintaan itu disampaikan Asisten II Setda Papua Barat, Musa Kamidi, di Manokwari, Selasa, sekaligus sebagai pernyataan resmi pemerintah provinsi setempat berkenaan dengan peringatan HUT RI 2014.

"Pemerintah daerah telah mengeluarkan surat edaran agar masyarakat mengibarkan Bendera Merah Putih serta instansi pemerintah yang ada di Papua Barat untuk memasang umbul-umbul merah putih di setiap instansi masing-masing,"kata Musa Kamidi.

Dia mengatakan, pemerintah Provinsi Papua Barat mengharapkan partisipasi seluruh komponen masyarakat dalam HUT kemerdekaan Indonesia. Selain itu, pada bulan ini juga akan berlangsung even nasional yakni Sail Raja Ampat yang bakal dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sekaligus meresmikan monumen masuknya Injil di Tanah Papua, di Pulau Manisinam.

"HUT kemerdekaan tahun ini bersamaan rencana kunjungan Presiden SBY ke Pulau Mansinam Manokwari. Oleh sebab itu, diharapkan masyarakat Manokwari membersikan lingkungan tempat tinggal masing-masing agar terlihat bersih,"kata Musa Kamidi.

Musa Kamidi mengatakan, pemasangan umbul-umbul di setiap isntasi pemerintah dan pengibaran Bendera Merah Putih di pekarangan warga tahun ini berlangsung selama bulan Agustus.

Tahun sebelumnya, kata Musa Kamadi, pemasangan umbul-umbul di setiap instasi pemerintah dan pengibaran Bendera Merah Putih di pekarangan rumah warga hanya berlangsung pada 5-18 Agustus, namun tahun ini mulai 5-30 Agustus karena pada 22 Agustus Presiden SBY diagendakan melakukan kunjungan ke Manokwari untuk meresmikan monumen masuknya Injil.

Pemerintah provinsi, kata dia, pada Selasa mengadakan rapat koordinasi dengan panitia perayaan HUT kemendekatan RI tingkat Provinsi Papua Barat. Rapat koordinasi yang sama akan kembali dilakukan pada Kamis (7/8), untuk mengecek kesiapan panitia.

Memperingati HUT kemerdekaan tahun ini, tambah Musa Kamidi, panitia akan mengadakan berbagai perlombahan sekaligus sebagagi arena hiburan masyarakat.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014