Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan ratusan unit komputer untuk seleksi tertulis peserta calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 di daerah ini.

"Kita melakukan kerja sama dengan Cabdin (Cabang Dinas) Dikbud Provinsi Bengkulu di Kabupaten Rejang Lebong untuk pelaksanaan seleksi tertulis metode computer assisted test atau CAT calon PPK se-Kabupaten Rejang Lebong," kata Koordinator Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan perangkat komputer yang dibutuhkan pada pelaksanaan seleksi calon PPK di 15 kecamatan dengan menggunakan metode CAT tersebut membutuhkan jumlah komputer yang cukup banyak.

"Jumlah komputer yang dibutuhkan mencapai ratusan unit sehingga kita melakukan kerja sama dengan Cabdin Dikbud Provinsi Bengkulu untuk menggunakan komputer yang ada di sembilan SMA dan SMK negeri di Kabupaten Rejang Lebong," terangnya.

Sejauh ini jumlah pendaftar calon PPK yang mendaftar melalui online atau daring pada aplikasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc) hingga Senin siang (28/11) sudah lebih dari 850 orang.

Jumlah pendaftar ini, menurut dia, masih akan terus bertambah hingga penutupan pada 29 November 2022. Para pendaftar ini nantinya akan memperebutkan 75 jabatan PPK untuk 15 kecamatan atau lima orang setiap kecamatan.

"Dipastikan di Kabupaten Rejang Lebong tidak ada perpanjangan pendaftaran PPK karena setiap kecamatan jumlah pendaftarnya sudah dua kali lipat lebih dari kebutuhan," ujar dia.

Adapun tahapan seleksi PPK di antaranya penerimaan pendaftaran calon anggota PPK terhitung 20-29 November 2022 dan penelitian administrasi calon anggota PPK 21 November-1 Desember 2022.

Pengumpulan hasil penelitian 2-4 Desember 2022, seleksi tertulis 5-7 Desember 2022, tahapan lainnya hingga penetapan anggota PPK terpilih 16 Desember 2022, dan pelantikan PPK terpilih 4 Januari 2023.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022