Rejanglebong,  (Antara) - Wakil Gubernur Bengkulu Sultan B Najamudin berkeyakinan pemekaran Kabupaten Lembak dari Kabupaten Rejanglebong akan segera terealisasi karena masuk dalam skala prioritas.

"Usulan pemekaran Kabupaten Lembak dari Kabupaten Rejanglebong ini masuk dalam skala prioritas dari sejumlah daerah yang akan dimekarkan yang akan dibahas oleh pihak DPR-RI, hal ini diketahui dari perkembangannya di pusat melalui teman-teman saya di DPR-RI," kata Wakil Gubernur Bengkulu, Sultan B Najamudin usai menghadiri acara pelantikan 30 anggota DPRD Kabupaten Rejanglebong di Rejanglebong, Senin.

Pembahasan usulan daerah otonomi baru (DOB) di daerah itu kata dia, seharusnya sudah dilakukan pihak DPR-RI setelah hari raya Idul Fitri 1435 Hijriyah lalu bersama dengan usulan DOB 64 daerah lainnya di Tanah Air, namun sejauh ini belum diketahui apa penyebab belum terlaksananya pembahasan usulan DOB oleh pihak DPR-RI tersebut.

"Seharusnya pembahasan usulan 65 DOB ini sudah dilakukan setelah hari raya Idul Fitri lalu oleh anggota DPR-RI periode 2009-2014, namun sampai saat ini belum dilaksanakan karena hal ini menyangkut masalah politik. Namun saya tetap optimistis pembentukan Kabupaten Lembak ini akan segera terealisasi," ujarnya.

Sejauh ini upaya-upaya yang dilakukan Pemprov Bengkulu kata dia, sudah optimal baik yang dilakukan langsung oleh gubernur maupun dirinya selaku wakil gubernur serta presidium pembentukan Kabupaten Lembak, selain itu berbagai persyaratan pembentukan DOB juga sudah dilengkapi dan telah ditinjau langsung oleh pihak DPD-RI, DPR-RI serta pihak Kemendagri.

Sebelumnya pihak Presedium pembentukan Kabupaten Lembak mengatakan, pembahasan DOB Lembak termasuk salah satu usulan yang diajukan Mendagri ke pihak DPR. Dari 65 usulan DOB ini yang disetujui untuk dilanjutkan ke DPR-RI hanya separuhnya saja dengan pertimbangan beberapa aspek diantaranya adalah masyarakat, agar terwujudnya kesejahteraan yang adil dan merata, perangkat pemerintah sebagai penggerak pelayanan masyarakat serta wilayah yang jelas.***1***



Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014