Bengkulu (Antara) - Sebanyak 15 persen kendaraan roda empat di Kota Bengkulu tidak lolos uji emisi yang digelar Dinas Perhubungan dan Kominfo setempat.

"Kami gelar kemarin dan hari ini, sebanyak 975 kendaraan yang terjaring tidak lolos uji emisi," kata Koordinator uji emisi UPTD KIR Dishubkominfo Kota Bengkulu Tharmizi di Bengkulu, Rabu.

Menurut dia, pihaknya menggelar kegiatan uji emisi tersebut di pusat kota mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

"Kami berharap pada uji emisi hari pertama dapat menjaring 1.500 kendaraan namun hanya mendapatkan 975 unit, hari ini kami harapkan mampu menjaring lebih banyak lagi, setidaknya dapat menjaring 1.500 pengguna kendaraan roda empat," kata dia.

Tharmizi mengatakan, tidak hanya dua hari, pihaknya merencanakan kegiatan tersebut akan berlangsung sampai Kamis 28/8, dengan lokasi yang berbeda.

"Kemarin kami gelar di Balai Buntar, Kota Bengkulu, besok kami  akan digelar di Terminal Sungai Hitam, yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah," katanya.

Menurut dia kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat guna melihat kondisi terkini transportasi di daerah itu, dan menjadi referensi untuk kebijakan daerah maupun pusat.

"Kita akan laporkan ini ke pusat dan Provinsi Bengkulu, data yang kita dapat bisa dijadikan untuk program-program penting di daerah ini, seperti tentang kebijakan transportasi daerah yang akan diterapkan untuk masa mendatang maupun tentang kesehatan," ucapnya.

Selain itu dia mengimbau kepada pemiliki baik kendaraan terutama roda empat agar selalu melakukan perawatan secara teratur, demi menekan pancemaran diakibatkan oleh emisi gas buang.

"Emisi kendaraan menyebabkan pencemaran dan juga bisa merusak kesehatan, apalagi tidak dirawat dengan baik, jadi sebaiknya mari kita sama-sama mencegah bahaya polusi yang disebabkan gas buang," ujarnya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014