Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus, Rabu, melepas keberangkatan sebanyak 138 orang calon haji dari daerah itu menuju asrama haji di Kota Bengkulu.

"Kami Ikhlas melepas saudara. Mudah-mudahan bapak dan ibu sehat mulai dari berangkat dan kembali lagi ke tanah air dengan selamat," kata dia, di Mukomuko, Rabu.

Selain itu, ia menyarankan, kepada calon haji jangan banyak membuat masalah. Mari ikuti ketentuan dari pengurus apa yang boleh dan tidak dilakukan.  

Karena, menurut dia, kalau dari pertama saja sudah membuat masalah, maka saat berada di sana juga berbagai macam kesukaran yang dihadapi.

Namun, kata dia, yang penting sekarang ini adalah bagaimana calon haji bisa selamat sampai ke tujuan agar dalam menjalankan ibadah haji di Mekkah, Madinah, dan tempat suci lainnya.                 

Selain itu, kata dia, setelah menjalankan ibadah haji semoga menjadi haji yang mabrur. Jangan setelah pulang ke tanah air perbuatan yang lama menjadi semakin parah.

"Lupakan semua yang terjadi di sini. Beribadah lah dengan khusuk agar menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Kepada para pengantar calon haji, saran dia, doakan bapak dan ibu ini agar melaksanakan ibadah haji dengan baik.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Zainal Abidin menyebutkan kuota calon haji untuk daerah itu tahun 2014 sebanyak 140 orang. Karena ada yang beberapa orang meninggal dunia sehingga jumlahnya berkurang menjadi 137 orang.

Namun, kata dia, pada kesempatan terakhir, daerah itu mendapatkan tambahan satu orang calon haji dari kuota nasional.   

Ia mengatakan, dari sebanyak 138 orang calon haji tersebut, 42 orang diantaranya berangkat dari Kecamatan Ipuh, sisanya dilepas dari Kecamatan Kota Mukomuko.

"Pelepasan calon haji Di Ipuh itu pakai acara arak-arakan oleh warga di sana. Mereka itu berangkat menunggu kedatangan bis yang berangkat serentak dari Kecamatan Kota Mukomuko," ujarnya lagi.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014