Rejanglebong (Antara) - Anggaran pembangunan tugu Adipura di dua lokasi berbeda di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, pada tahun ini menelan anggaran sebesar Rp768 juta.

Menurut Kepala Bidang Pertamanan pada Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Rejanglebong, Jon Hepi pembangunan tugu Adipura dikawasan bundaran Kelurahan Dwi Tunggal Kecamatan Curup itu dibangun karena daerah itu berhasil merebut piala Adipura sebanyak tujuh kali, lima kali diantaranya berturut-turut.

"Tugu Adipura ini dibangun atas pencapaian Kabupaten Rejanglebong yang berhasil merebut piala Adipura untuk yang ke tujuh kalinya, tugu itu sendiri akan dibangun setinggi 12,5 meter. Dimana pembangunannya menelan biaya dari APBD Rejanglebong tahun 2014 sebesar Rp488 juta, dengan konsep pembangunannya mengacu kepada tugu Adipura yang ada di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan," ujarnya.

Selain itu pembangunan tugu serupa tambah dia, juga dibangun di bundaran Simpang Nangka, Kecamatan Selupu Rejang, namun bedanya ketinggiannya hanya berkisar 10 meter dengan pembiayaan mencapai Rp280 juta.

Untuk itu dia berharap pengerjaan pembangunan tugu tersebut dapat selesai tepat waktu sehingga nantinya dapat menambah keindahan kota dan akan menjadi ikon daerah, serta menjadi motivasi masyarakat untuk terus mempertahankan peraihan piala Adipura dengan jalan menjaga kebersihan lingkungan di daerah masing-masing.

Sebelumnya pada 5 Juli 2014 lalu Kabupaten Rejanglebong, kembali merebut piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk kategori kota sedang untuk yang ketujuhkalinya, dengan nilai tertinggi untuk wilayah Provinsi Bengkulu, kemudian nomor tiga di Sumatera dan nomor sembilan secara nasional.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014