Bengkulu (Antara) - Tiga anggota jamaah calon haji asal Sumatera Barat akan bergabung dengan kelompok terbang empat dari Provinsi Bengkulu.

"Dari Sumatera Barat, tiga orang bergabung dengan kami, hal itu disebabkan anggota jamaah haji Bengkulu yang tergabung dalam kloter empat hanya berjumlah 452 orang, sementara 'seat' yang tersedia yakni sebanyak 455," kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Bengkulu sekaligus Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Bengkulu Zahdi Taher di Bengkulu, Kamis.

Menurut dia, tiga anggota jamaah haji asal Sumatera Barat tersebut akan bergabung setelah jamaah haji Bengkulu sampai di embarkasi Sumbar.

Pada pukul 21.00 (4/9) menurut dia jamaah haji Bengkulu yang tergabung dalam kloter empat diberangkatkan ke Sumatera Barat, transit di Bandar Udara Internasional Minangkabau selanjutnya diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

"Di sana hanya pindah pesawat, ke pesawat yang berbadan besar, dari Bengkulu ke Padang kita menggunakan tiga pesawat dari salah satu maskapai penerbangan," katanya.

Menurut Zahdi, 452 anggota jamaah haji yang akan diberangkatkan, telah melewati pemeriksaan kesehatan akhir di asrama haji Bengkulu.

"Sampai saat ini menurut laporan tidak ada yang gagal berangkat, untuk mengantisipasi penyakit yang berkembang saat ini pun, seluruh jamaah yang akan diberangkatkan telah diberikan suntik vaksin meningitis," ucapnya.

Sekretaris PPIH itu meminta kepada keluarga dari jamaah untuk mematuhi area steril karantina, dan memberikan waktu istirahat bagi jamaah haji kloter empat yang akan diberangkatkan.

"Untuk pelepasannya saya rasa sudah cukup, mohon berikan waktu bagi mereka untuk istirahat, karena malam nanti akan diterbangkan ke Sumatera Barat selanjutnya pada dini hari langsung berangkat ke Jeddah," Kata Zahdi.

Menurut dia, jika keluarga masih memaksa untuk bertemu dengan jamaah yang akan diberangkatkan, dikhawatirkan akan melemahkan kondisi tubuh.

"Apalagi ketika sampai di Mekkah suhu udara diperkirakan 38 sampai 40 derajat, itu cukup panas bagi jamaah haji dari Indonesia," ujarnya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014