Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Yusran Fauzi meminta dinas pendidikan dan kebudayaan setempat agar secepatnya membagikan seragam sekolah gratis kepada pelajar di daerah itu.

"Saya minta agar seragam gratis ini segera dibagikan kepada pelajar kelas satu tingkat SD maupun SMP di 15 kecamatan di Rejang Lebong," kata Yusran Fauzi saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan program bantuan seragam sekolah gratis tersebut merupakan salah satu misi-visi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong pada Pilkada serentak 2020, di mana seharusnya sudah dibagikan pada 2022.

Pengadaan seragam gratis yang dibiayai dengan APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong 2022 rencananya akan diberikan kepada 8.584 pelajar ini, kata dia, baru tiba di daerah itu pada akhir Desember 2022 dan rencananya baru dibagikan mulai 2 Januari 2023.

Menurut dia, dengan cepat dibagikan kepada pelajar yang berhak menerimanya maka akan menghindari adanya polemik yang berkemungkinan terjadi mengingat program tersebut merupakan salah satu program prioritas daerah.

"Kami maklumi kalau pembagiannya terlambat karena barangnya baru sampai di Rejang Lebong beberapa hari lalu. Kami minta seragam yang sudah datang ini agar segera dibagikan," terangnya.

Sementara itu PPTK pengadaan seragam gratis yang juga Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong Dedi Warsito di tempat terpisah mengatakan, jumlah seragam sekolah gratis yang akan dibagikan ini sebanyak 8.584 setel untuk pelajar tingkat SD dan SMP.

"Akan kita bagikan mulai hari Senin tanggal 2 Januari 2023 besok. Kami sudah melakukan rapat dengan para kepala sekolah guna menyusun teknis pembagiannya," kata Dedi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023