Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, kembali mempekerjakan 176 orang petugas honorer kebersihan di daerah itu yang sebelumnya sempat dirumahkan.

"Petugas kebersihan yang sudah kita rekrut kembali sebanyak 176 orang. Mereka ini terdiri dari sopir, penyapu jalan, petugas bongkar muat kendaraan truk sampah, koordinator kebersihan dan tenaga kebersihan kantor," kata Plt Kepala DLH Rejang Lebong Dhendi Novianto Saputra, saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan, petugas honorer atau tenaga harian lepas (THL) yang kembali dipekerjakan tersebut hanya sebagian saja dari jumlah keseluruhan THL yang dirumahkan pada akhir 2022 lalu yang mencapai 351 orang.

Dari ratusan petugas kebersihan yang sudah dipekerjakan ini, kata dia, masih ada bidang pekerjaan yang belum direkrut yakni petugas bagian taman.

Jumlah petugas taman yang akan kembali direkrut menurut dia, sebanyak 35 orang atau setengah dari jumlah sebelumnya sebanyak 70 orang. Pengurangan jumlah petugas taman itu sendiri akibat keterbatasan anggaran untuk membayar gaji mereka setiap bulannya.

Selain melakukan pengurangan jumlah petugas bagian taman pihaknya juga melakukan pengurangan petugas penyapu jalan. Dengan adanya pengurangan petugas penyapu jalan ini nantinya satu ruas jalan hanya ditangani oleh tiga atau dua orang dari sebelumnya empat orang.

"Kita akan semaksimal mungkin untuk menjaga kebersihan Kabupaten Rejang Lebong khususnya kawasan Kota Curup, walaupun personel yang kita miliki terbatas," demikian Dhendi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023