Bengkulu (Antara) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengatakan petani di Kabupaten Seluma siap menebang pohon sawit di perkebunan masing-masing untuk beralih bercocok tanam padi.

"Asalkan menurut mereka, lahan yang selama ini dijadikan untuk menanam sawit mendapatkan pengairan yang teratur, sehingga cocok menjadi sawah," kata dia saat berkunjung ke Kabupaten Seluma, Jumat.

Menindaklanjuti keinginan masyarakat tersebut, gubernur berjanji akan memperbaiki irigasi di daerah itu, dan siap untuk menganggarkan dana pembangunan.

"Namun irigasi yang akan kita buat seperti suplesi dam bendungan, karena daerah yang akan dijadikan lahan sawah di Seluma merupakan daerah datar, kalau dam tersebut selesai, baru airnya bisa kita tumpahkan ke lahan sawah," katanya.

Rencana pembangunan irigasi tersebut, kata gubernur sejalan dengan program kekinian yang dikembangkan yakni, beras hasil tanam petani Kabupaten Seluma, direncanakan menjadi salah satu produk pertanian unggulan Provinsi Bengkulu.

"Beras Seluma itu kualitasnya bagus, berasnya panjang-panjang, orang sudah mulai tahu itu beras Seluma, jangan menurunkan kualitas atau mengganti bibit dengan yang lain, kalau bisa menanam dengan bibit yang sama," ucapnya.

Dia berharap, orang yang dulu mengenal hasil alam unggulan Bengkulu hanya sawit, karet dan batubara, kini mulai beralih pandang ke gabah dan beras.

Hal itu, menurut gubernur disebabkan, beras merupakan komponen utama dari makanan pokok, berbeda dengan tanaman sawit maupun karet.

"Kita sedang menggalakkan lahan sawah 1,5 juta hektare, sehingga Bengkulu bisa membangun ketahanan pangan, bahkan kalau bisa kita menjadi pemasok untuk daerah lain," kata Junaidi.

Namun, tidak cukup dengan upaya pemerintah daerah saja, kata gubernur, masyarakat juga harus mengubah pola pikir dan meningkatkan kreativitas.

"Terutama sifat malas merupakan penghalang utama dalam berusaha, lahan sudah ada, irigasi dibangun kembali, tetapi kalau ibu-ibu berkumpul di tangga rumah (rumah panggung) dan merumpi menghabiskan hari, upaya yang kita lakukan tadi akan sia-sia," ujarnya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014