Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, optimistis Pemilihan Umum Kepala Daerah tahun 2015 tetap seperti yang selama ini digelar, yakni pilkada secara langsung oleh rakyat.

"Aturan Pemilu masih yang lama belum ada perubahan," kata Bupati Mukomuko Ichwan Yunus, saat ditanya sikapnya terhadap Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu Kepala Daerah melalui DPRD, di Mukomuko, Rabu.

Terkait dengan RUU tersebut, ia yakin, tidak jadi diterapkan karena dukungan DPR RI untuk Pemilu Kepala Daerah langsung saat ini lebih banyak dibandingkan Pemilu melalui DPRD.

Ia memperkirakan, lebih dari 51 persen dukungan anggota DPR RI saat ini untuk pilkada langsung.

Ichwan Yunus pun setuju Pemilu langsung agar masyarakat dapat menentukan siapa pemimpin yang terbaik menurut mereka.

"Saya kira baiknya langsung. Agar masyarakat dapat memilih siapa yang dianggapnya baik," ujarnya.

Menurutnya, kalau dewan kan mungkin ada unsur politisnya.

Kalau masyarakat langsung yang memilih pemimpinnya, ia yakin, tidak ada unsur politisnya.

Kendati demikian, katanya, Undang-undang tentang Pemilu di Indonesia masih tetap berlaku yang lama dan sampai sekarang belum ada perubahan.

Selain itu, katanya, dirinya tetap ikut terhadap seluruh keputusan DPR RI, baik Pemilu digelar langsung atau melalui DPRD.

Terkait rencana untuk maju sebagai calon Gubernur Bengkulu tahun 2015 melalui jalur independen, ia mengatakan, tidak ada masalah meskipun tidak didukung partai politik (parpol).

"Kalau pun Pemilu melalui DPRD, tidak masalah kami maju tanpa dukungan dari parpol," ujarnya yakin. ***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014