Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu membuka layanan operasi penyakit mata yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di luar kabupaten tersebut.

"Di RSUD Rejang Lebong saat ini sudah melayani operasi penyakit mata. Kalau dulu masyarakat yang melakukan operasi mata harus ke Bengkulu atau  Kota Palembang," kata Direktur RSUD Rejang Lebong dr Rheyco Viktoria di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan dibukanya pelayanan operasi mata tersebut, setelah pihaknya pada 2022, melakukan pengadaan mesin untuk operasi penyakit mata senilai Rp1,2 miliar.



Pelayanan operasi penyakit mata, kata dia, ditargetkan pada Maret mendatang sudah berjalan karena saat ini dua orang perawat pelaksanaan operasi mengikuti pelatihan yang menjadi salah satu syarat yang disyaratkan BPJS Kesehatan.

"Selain menyiapkan tenaga perawat, dokter spesialis mata dan fasilitas pendukung lainnya. Ini semua merupakan syarat kredensial dari BPJS Kesehatan," katanya.

Sedangkan untuk tenaga dokter spesialis mata RSUD Rejang Lebong, tambah dia, baru ada satu orang, namun sudah cukup dalam penanganan kasus penyakit mata.

Menurut dia, dengan dibukanya pelayanan operasi mata di RSUD Rejang Lebong, pasien penyakit mata yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong dan sekitarnya tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit-rumah sakit baik di Bengkulu maupun rumah sakit sub-spesialis penyakit mata seperti yang ada di Kota Palembang.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023