Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah melakukan verifikasi faktual dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang berasal dari wilayah itu sebanyak 1.823 dukungan.

Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Rejang Lebong Visco Putra Aleksander di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan dukungan balon DPD dari daerah itu disampaikan oleh 12 balon DPD RI yang mendaftar di KPU Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu.

"Dari 12 balon DPD RI ini seluruhnya memiliki sampel dari Kabupaten Rejang Lebong, dan data yang kami ambil dari Silon KPU RI ada 1.823 dukungan yang harus kami lakukan verifikasi faktual yang tersebar di 15 kecamatan Kabupaten Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan proses verifikasi faktual yang akan dilakukan pihaknya ini mulai dilaksanakan Selasa (7/2) setelah menerima datanya dari Silon KPU RI.

Pelaksanaan verifikasi faktual balon DPD RI minggu pertama ini, kata dia, KPU Rejang Lebong melakukan pola secara kolektif dengan meminta pihak balon DPD RI mengumpulkan para pendukungnya di satu tempat dan kemudian dilakukan verifikasi serentak.

Sedangkan untuk pola lainnya setelah tidak ada lagi pendukung yang bisa dikumpulkan oleh tim pemenangan balon DPD RI, pihaknya akan mendatangi tempat tinggal setiap pendukung yang belum dilakukan verifikasi faktual.

"Sore ini kami melakukan verifikasi faktual dukungan balon DPD RI atas nama Rahiman Dani di Desa Pungguk Lalang, Kecamatan Curup Selatan, dan lokasi kedua terhadap dukungan atas nama Destita Khairilisani di Desa Air Meles Bawah, Kecamatan Curup Timur, serta dukungan terhadap Imron Rusadi di Kelurahan Pasar Tengah, Kecamatan Curup," terangnya.

Pelaksanaan verifikasi faktual itu sendiri, tambah dia, dilaksanakan oleh lima tim yang telah dibentuk oleh KPU Rejang Lebong dengan beranggotakan komisioner KPU, staf KPU, PPK dan PPS masing-masing wilayah.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023