Petugas Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma, Bengkulu memverifikasi sampel dukungan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Bengkulu. 

Komisioner KPU Seluma, Hendri Arianda mengatakan saat ini sedang berlangsung verifikasi terhadap sampel lima bakal calon DPD sedangkan sampel dukungan tujuh bakal calon lainnya menyusul sebab terdapat kendala pada Sistem Informasi Pencalonan (Silon) DPD. 

"Berkaitan dengan kendala teknis di aplikasi Silon, sudah kami sampaikan ke KPU RI melalui KPU provinsi,” kata Hendri di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan bahwa tim verifikasi KPU Seluma akan bekerja hingga 26 Februari 2023 sembari menunggu sampel dukungan bakal calon DPD lainnya keluar. 

Kemudian, dilanjutkan dengan tahapan verifikasi faktual dukungan tahap kedua.

"Kami masih menunggu petunjuk dari KPU RI berkaitan dengan kendala yang ada namun petugas saat ini masih bekerja melakukan verifikasi di lapangan,” katanya.

Sementara itu, jumlah dukungan masing-masing bakal calon yang akan diverifikasi disesuaikan dengan jumlah dukungan yang masuk dari Kabupaten Seluma. 

Jumlah dukungan yang akan diverifikasi sebanyak 1.898 bukti dukungan dari total jumlah dukungan calon DPD di Kabupaten Seluma sebanyak 5.241 dukungan. 

Lima bakal calon DPD yang saat ini diverifikasi oleh KPU yaitu, Andrian Wahyudi 25 dukungan, Def Tri Hardianto 186 dukungan, Destita Khairilsani 304 dukungan, Imron Rosadi 26 dukungan dan Leni Haryati John Latif 32 dukungan.

Sementara untuk tujuh bakal calon lainnya yang belum dilakukan verifikasi dukungan yaitu Abdul Kharis Ma'mun, Elisa Ermasari, Patrice Rio Capella, Rahiman Dani, Sultan Baktiar NajamudinNajamudin, Edi Agusdin dan Ahmad Kanedi.

Pewarta: Sepriandi

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023