Rejanglebong,  (Antara) - Harga jual daging sapi menjelang hari raya Idul Adha 1435 Hijriyah pada tingkatan pedagang di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, saat ini mencapai Rp125.000 per kilogram.

"Untuk daging kualitas bagus dijual pedagang Rp125.000 per kg, sedangkan untuk daging kelas dua Rp95.000 per kg. Harga daging ini masih tinggi karena sebelumnya daging kualitas bagus paling mahal dijual pedagang Rp110.000 per kg," kata Nuraini (55) warga Kecamatan Curup Tengah, saat ditemui di Pasar Atas Curup, Jumat.

Naiknya harga jual daging di daerah tersebut kata dia, memberatkan warga mengingat beberapa bahan kebutuhan rumah tangga lainnya juga mengalami kenaikan menjelang hari raya Idul Adha kali ini seperti daging ayam, cabai merah keriting yang saat ini mencapai Rp35.000 per kg, cabai rawit dan aneka sayuran.

Sementara itu menurut Haryani (45) pedagang daging di los Pasar Atas Curup menyebutkan harga jual daging di daerah itu mengalami kenaikan dari tingkatan peternak, sehingga harga jual sapi yang akan dipotong pun turut naik.

"Kenaikan ini dipengaruhi oleh harga beli sapi yang masih hidup dari peternak juga naik, terutama mendekati hari raya Idul Adha ini. Ternak sapi ini banyak dibeli oleh warga untuk disembelih sebagai hewan kurban," ujarnya.

Di tempat terpisah menurut Sumarni (34) pedagang ayam potong, saat ini harga jualnya per kg juga mengalami kenaikan dari Rp32.000 per kg harga sebelumnya menjadi Rp34.000-35.000 per kg.

"Harga jual ayam potong saat ini dijual pedagang antara Rp34.000 sampai Rp35.000 per kg, harga ini naik sejak seminggu lalu dan biasa terjadi menjelang hari raya," ujarnya.***2***


Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014