Mukomuko (Antara) - Badan Narkotika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menyosialisasi bahaya mengkonsumsi narkoba ke sekolah-sekolah di daerah itu.  

"Kami akan melakukan sosialisasi bahaya narkoba ke sekolah," kata Kepala Badan Narkotika Kabupaten Mukomuko, Khoirul Huda, di Mukomuko, Sabtu.  

Khoirul Huda, yang juga adalah Wakil Bupati Mukomuko itu, mengatakan sosialisasi narkoba tersebut rutin dilakukannya oleh Badan Narkotika Kabupaten (BNK) setempat ke sekolah mulai dari jenjang SMP sampai SMA.

Menurut dia, dalam sosialisasi itu dilakukan selain mengenai bahaya narkoba, siswa juga diberikan pengetahuan tentang sanksi hukum bagi pelaku yang mengedarkan dan menggunakan narkoba.

Namun, katanya, siswa lebih banyak diberikan pengetahuan tentang dampak dan bahaya narkoba terhadap masa depan mereka.

Diharapkan, dengan rutinitas BNK setempat melakukan sosialisasi bahaya narkoba ke sekolah-sekolah di daerah itu, kegiatan tersebut bisa memotivasi siswa untuk tidak memakai narkoba.

Selain penggunaan narkoba, ia juga menerima laporan adanya dugaan penyalahgunaan lem di kalangan siswa SD di daerah itu. Lem tersebut diduga dihirup oleh siswa.

Untuk itu, katanya, BNK juga akan melakukan sosialisasi ke SD agar siswa tidak menyalahgunakan narkoba.

Warga Kelurahan Bandar Ratu mengatakan penyalahgunaan lem saat ini marak di kalangan siswa SD di daerah itu.

Menurut dia, siswa yang telah menghirup zat tersebut menjadi kecanduan sehingga mereka terus menerus melakukannya.

Ia berharap, pihak terkait mencegah prilaku menyimpang siswa SD tersebut.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014