Tiga desa di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu mempersiapkan diri guna mengikuti penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Tiga desa wisata yang akan ikut penilaian ADWI tahun 2023 ini yaitu Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang, Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi dan Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, M Budianto di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan ketiga desa wisata ini pada tahun 2022 juga mengikuti penilaian ADWI, di mana untuk Desa Belitar Seberang masuk 50 besar, kemudian Desa Sumber Urip masuk ke 100 besar dan Desa Dusun Sawah masuk di 300 besar tingkat nasional.

"Untuk Desa Wisata Belitar Seberang akan mencapai prestasi yang lebih baik lagi dan telah berbenah diri untuk melakukan perbaikan," terangnya.

Ketiga desa yang akan mengikuti penilaian ADWI kali ini selain telah menyiapkan potensi wisata unggulan juga produk unggulan ekonomi kreatif, kelembagaan wisata dan lainnya,

Adapun potensi unggulan yang dimiliki ketiga desa wisata ini antara lain untuk Air Terjun Tri Sakti di Desa Belitar Seberang, kemudian TWA Bukit Kaba di Desa Sumber Urip dan obyek wisata Bukit Basah yang ada di Desa Dusun Curup.

"Untuk penilaian tingkat Provinsi Bengkulu sudah dilakukan pada awal 2023 lalu, Rejang Lebong dapat nomor dua yakni oleh Desa Sumber Urip. Untuk penilaian ADWI tingkat nasional akan dilaksanakan mulai Juni 2023 nanti," tambah dia.

Sementara itu Kepala Desa Dusun Sawah, Kecamatan Curup Utara, Ruslan di tempat terpisah mengatakan mereka saat ini sedang melakukan persiapan untuk penilaian ADWI tahun 2023 seperti kelembagaan desa wisata, produk UMKM dan destinasi wisata unggulan.

"Potensi wisata unggulan di Desa Dusun Sawah adalah kawasan Bukit Basah, sedangkan untuk produk UMKM dan ekonomi kreatif berupa pengolahan bubuk kopi dan abon ikan hasil budi daya di saluran irigasi yang ada di desa kami," kata Ruslan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023