Mukomuko (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan kabut asap yang menyelimuti sebagian wilayah di Kecamatan Kota Mukomuko berasal dari pembakaran sampah rumah tangga di wilayah tersebut.

"Kabut asap itu berasal dari kebakaran sampah di dua titik di daerah ini," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Iskandar, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, dua titik kebakaran sampah itu berada di Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto dan Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Menurutnya, meskipun hanya sampah yang dibakar oleh warga di wilayah itu tetapi apinya sangat besar karena yang salah satu sampah yang dibakar ban mobil.

Sehingga, lanjutnya, dalam situasi cuaca mendung dan panas di daerah itu membuat asap yang berasal dari kebakaran sampah itu menyelimuti sebagian wilayah tersebut.

Kendati demikian, lanjutnya, kabut asap itu belum membawa dampak buruk bagi warga setempat. Lalu lintas di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di daerah itu masih kelihatan.

Ia menegaskan, pihaknya terus mengimbau agar warga melalui pejabat camat dan kepala desa agar tidak membakar sampah pembuangan limbah rumah tangga.

Warga Desa Ujung Padang Muklis mengeluhkan bau asap yang menyelimuti wilayahnya.

Baunya busuk sekali. Dan bau ini sampai masuk ke dalam rumah," ujarnya. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014