Bengkulu, (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kota Bengkulu kembali menertibkan ratusan pedagang di areal Pasar Subuh Semarak yang tidak mematuhi Peraturan Wali Kota
dengan berjualan melebihi batas waktu yang telah ditetapkan.

"Kami menertibkan para pedagang tersebut karena tidak mematuhi peraturan Wali Kota nomor 31 tahun 2010 yang menetapkan batas waktu berdagang hanya sampai pukul 08.00 WIB," kata Asisten II Pemerintah Kota Bengkulu Fachruddin Siregarm, di Bengkulu, Jumat.

Selain itu penertiban juga dilakukan untuk menegakkan Peraturan Daerah nomor 03 tahun 2008 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum dalam wilayah Kota Bengkulu karena areal yang digunakan para pedagang untuk berjualan merupakan jalan umum.

Ia mengatakan, sekitar 400 pedagang direncanakan akan dipindahkan ke lokasi yang ditetapkan yakni di depan UPTD PBK Kota Bengkulu yang berada tidak jauh dari lokasi pasar subuh tersebut.

"Para pedagang ini nantinya kami rencanakan akan dipindahkan ke lokasi UPTD PBK Pasar Minggu yang tidak jauh dari sini lokasinya sementara di lokasi pasar subuh ini nantinya akan dibangun ruko,' katanya.

Ia berharap masyarakat dapat memahami tujuan penertiban tersebut sehingga tidak perlu dilakukan penertiban berulang kali.

Untuk memberi pemahaman kepada pedagang pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada mereka.

"Upaya pengawasan yang akan dilakukan terhadap pedagang pasar subuh tersebut yakni menempatkan petugas sebanyak 6-8 orang per hari secara rutin
sesuai dengan kebutuhan,yang terdiri atas satuan polisi pamong praja dan satgas Pasar Minggu," kata dia.
    
Jika sosialisasi telah diberikan namun masih ada pedagang yang membandel, lanjut dia, maka petugas  yang akan membantu mengangkat barang dagangan mereka dari pasar tersebut.

Salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Subuh Semarak Kota Bengkulu, Siska(38) mengatakan mendukung penertiban yang dilakukan pemerintah Kota Bengkulu tersebut.

"Kami tidak keberatan dengan penertiban ini namun mengenai rencana pemindahan ke lokasi di UPTD PBK itu kami tidak setuju karena tempat tersebut pasti tidak akan cukup menampung ratusan pedagang yang ada di pasar subuh ini," katanya. (mhe)

Pewarta:

Editor : Zulkifli Lubis


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012