Koba (Antara) - Seorang pengamat kebijakan publik di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung Andre Ristian, M.IP menilai Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla merupakan sosok lebih merakyat dibanding pemimpin negara sebelumnya.

"Jokowi-JK lebih merakyat dan kemenangan pasangan ini dalam Pilpres merupakan kemenangan rakyat," ujarnya menyikapi kepemimpinan Jokowi-JK usai dilantik pada Senin (20/10).

Ia menjelaskan, pesta rakyat mengiringi pelantikan dan ikrar sumpah Jokowi-JK sebagai pemimpin bangsa menunjukkan betapa mereka bereuforia dengan kemenangan pasangan yang diusung partai Koalisi Indonesia Hebat ini.

"Namun dibalik kegembiraan rakyat tersebut tertumpang harapan kepada presiden ke-7 RI itu untuk menjawab semua keinginan mereka," ujarnya.

Menurut dia, rakyat merasa lebih dekat dengan Jokowi karena selama ini sosok mantan Gubernur DKI ini penuh dengan kesederhanaan dan selalu menemui rakyat dengan kegiatan blusukan.

"Menurut saya rakyat suka kepada Jokowi karena rakyat merasa tidak takut dan segan menyampaikan aspirasinya secara langsung," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, kepemimpinan Jokowi-JK harus dikawal dengan baik dan memberikan dukungan penuh untuk menjadikan Indonesia lebih maju, hebat dan berwibawa.

"Mungkin harapan rakyat kepada presiden yang baru ini adalah mampu menjawab berbagai persoalan, terutama kemerosotan ekonomi yang melanda kalangan akar rumput," ujarnya.

Saat ini, kata dia, rakyat benar-benar merasa memiliki presiden yang merakyat sehingga euforia sangat berlebihan ditunjukkan mengiringi pelantikan Jokowi-JK.

"Syukuran rakyat tidak hanya digelar di Jakarta tetapi juga di berbagai daerah di Indonesia," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014