Badan Nasional Pencarian dan Penyelamatan (Basarnas) Bengkulu melakukan pencarian hari kedua terhadap WA (51) yang terseret arus di Sungai Ketahun, Desa Tanjung Kemenyan, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara.

"Kami mendapatkan laporan bahwa salah satu warga di Kabupaten Bengkulu Utara terbawa arus sungai dan kami terus melakukan pencarian terhadap korban," kata Kepala Basarnas Bengkulu M Arafah di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Ia mengatakan hilangnya WA di Sungai Ketahun tersebut ketika korban dan dua orang teman lainnya yaitu S dan E pergi mencari ikan pada Rabu (1/3) pukul 16.00 WIB. Kemudian sekitar pukul 23.00 WIB salah satu temannya memberi kabar bahwa korban WA hilang pada saat menyeberangi sungai dengan cara berenang.
 
Pada proses pencarian korban di hari kedua, tim SAR gabungan membagi tiga tim yang terdiri dari tim pertama dan kedua melakukan penyisiran menggunakan perahu karet atau LCR (Long Craft Boat) milik Basarnas sejauh tiga kilometer ke arah muara.

Sedangkan untuk tim ketiga melakukan pencarian menggunakan perahu milik nelayan setempat sejauh tiga kilometer ke arah hulu.

Setelah mendapatkan informasi tersebut dari Camat Napal Putih, Basarnas Bengkulu mengirim satu tim yang terdiri dari 10 orang untuk melakukan pencarian di sekitar lokasi.
 
Selain mengirimkan satu tim, pihaknya juga menyiapkan alat seperti satu set alat selam, satu aqua eyes atau alat untuk melihat di dalam air, satu set perlengkapan SAR air.
 
Selanjutnya satu set LCR atau perahu karet, satu set perlengkapan medis, satu set USD, dua set pal selam, pal navigasi dan pal Komunikasi.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023