Bengkulu,  (Antara) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengatakan Pekan Olahraga Provinsi 2014 merupakan wahana guna menjaring atlet berprestasi untuk dipromosikan menuju pekan olahraga wilayah.

"Ini merupakan ajang yang baik bagi pemerintah melalui dinas terkait untuk menjaring atlet yang nantinya bisa mengharumkan nama Bengkulu di kancah nasional bahkan internasional," kata dia saat membuka Porprov Bengkulu 2014 di Stadion Sawah Lebar, Bengkulu, Jumat.

Selain itu menurutnya potensi yang dimiliki Bengkulu dalam bidang olahraga termasuk baik terutama di perorangan.

"Untuk Provinsi Bengkulu kita bisa lihat prestasi atlet kita cukup bagus terutama di perorangan. Memang kalau untuk olahraga beregu kita belum bisa bicara banyak, maka dari itulah menjadi tugas bersama untuk memajukan prestasi Bengkulu ke depan," tambahnya.

Porprov Bengkulu tahun ini diikuti 10 kabupaten/kota dan 10 cabang olahraga dipertandingkan/diperlombakan yaitu atletik, biliar, bola basket, bulutangkis, catur, panjat tebing, pencak silat, renang, sepak takraw dan voli pasir.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu Mayzuardi mengatakan porprov merupakan ajang seleksi bagi atlet yang berkualitas untuk dipersiapakan menuju iven yang lebih besar seperti porwil dan Pra-PON.

"Ini merupakan wadah bagi atlet kita untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya karena dalam ajang ini kita akan menjaring atlet yang berkualitas untuk dipersiapkan menuju porwil," kata dia.

Sementara itu, sejumlah warga Bengkulu mengharapkan pemerintah setempat meningkatkan pembinaan olahraga terutama cabang-cabang perorangan yang berpotensi meraih medali.

"Ada cabang olahraga prestasi dan rekreasi. Saat ini yang terlihat lebih banyak yang rekreasinya ditonjolkan di Bengkulu," kata Tarmin, warga Kota Bengkulu.

Ia mencontohkan, Provinsi Lampung terkenal dengan Padepokan Gajah Lampung yang mencetak lifter angkat besi dan angkat berat berkaliber internasional.

"Maka tak heran setiap PON, Lampung meraih banyak medali dan mayoritas dipersembahkan dari angkat besi dan angkat berat. Sementara Bengkulu apa yang didapat?" kata dia.

***3***

Pewarta: oleh Yan Berlian

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014