Pengurus Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan rapat kerja nasional (Rakernas) VII yang dipusatkan di daerah itu pada 16-20 Maret mendatang.

"Rakernas AMAN VII ini akan dipusatkan di Desa Lubuk Kembang, Kecamatan Curup Utara. Saat ini kami masih melakukan persiapan karena tamu yang akan hadir nantinya lebih dari 600 orang," kata ketua Pengurus Daerah AMAN Kabupaten Rejang Lebong, Khairul Amin di Rejang Lebong, Minggu.



Dia menjelaskan, pelaksanaan Rakernas AMAN VII tersebut akan dihadiri oleh pengurus AMAN dari 22 provinsi di Tanah Air, termasuk juga dari luar negeri.

Para peserta rakernas ini, kata dia, nantinya akan menginap di rumah-rumah warga di Desa Lubuk Kembang dan sebagian lagi di tempat yang telah disiapkan oleh Pemkab Rejang Lebong.



Selain itu, pihaknya bersama dengan pengurus adat desa telah melakukan ritual adat "pamit taneak tanei" atau pamit kepada leluhur mereka dengan tujuan meminta agar nantinya acara yang mereka gelar berjalan lancar dan sukses.

"Kami sudah melakukan ritual adat pamit taneak tanei, ini bagian dari upaya kita untuk menyukseskan Rakernas AMAN VII. Sebagai tuan rumah, kami berharap Rakernas AMAN nanti berjalan dengan lancar," katanya menerangkan.



Menurut dia, pamit taneak Tanei merupakan istilah turun-temurun masyarakat adat Rejang Lebong dalam menyebutkan ritual adat ketika ingin membuka lahan garapan baru, mendiami suatu wilayah, maupun menyelenggarakan hajatan.

Sebelumnya, Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Hukum dan Kesra Pemkab Rejang Lebong, Pranoto Majid menyatakan daerah itu patut berbangga hati karena terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakernas AMAN VII.

Untuk menyukseskan rakernas tersebut sudah dilakukan rapat koordinasi antara pengurus AMAN Provinsi Bengkulu dan pengurus kabupaten dengan Pemkab Rejang Lebong, di mana pemkab setempat akan memberikan bantuan guna menunjang kelancaran kegiatan itu.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rejang Lebong lakukan persiapan Rakernas AMAN VII

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023