Mukomuko (Antara) - Universitas Muhammadiyah Bengkulu mulai tahun ini membuka perkuliahan khusus bagi sebanyak 30 orang imam desa yang mewakili 10 kabupaten/kota di daerah itu.

"Imam desa akan kita didik. Kabupaten mengirimkan imam desa di wilayahnya masing-masin," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Ahmad Dahsan SH MH, di Mukomuko, Rabu.

Rektor UMB mengatakan hal itu usai rapat dengan Bupati Mukomuko Ichwan Yunus membahas berbagai kerja sama di bidang pendidikan, salah satunya mengirimkan imam desa mengikuti perkuliahan di UMB.

Ahmad Dahsan mengatakan, setiap tahun kabupaten di provinsi setempat mengirimkan tiga orang imam desa untuk mengikuti perkuliahan jurusan dakwah dan penyuluh agama.

Menurut dia, kegiatan perkuliahan bagi imam desa itu mulai berjalan tahun ini dengan jumlah 30 orang mahasiswa.

Terkait pembiayaan perkuliahan bagi imam desa ini, katanya, setengah biayanya perguruan tinggi itu yang mengupayakannya, sedangkan setengahnya lagi dari imam desa atau pemerintah kabupaten masing-masing.

Menurut dia, untuk membantu pembiayaan perkuliahan imam desa ini, dananya tersedia di kabupaten seperti di bagian kesra yang sering melaksanakan kegiatan pelatihan bagi da'i.

Dikatakannya, pendidikan keilmuan untuk imam desa ini bertujuan agar mereka dapat membantu berbagai permasalahan masyarakat.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014